Wabup Bangka, “Jangan Berpuas Diri Dan Tingkatkan Kinerja”

Pewarta : Imam K

Koran SINAR PAGI, Bangka,-Tahun 2018 ini Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung ada 4 (empat) kota yang menerima penghargaan Adipura yaitu Kota Sungailiat di Kabupaten Bangka,Kota Tobaaki di Kabupaten Bangka Selatan, Kota Koba di kabupaten Bangka Tengah dan Kota Manggar Kabupaten Belitung Timur, demikian dikatakan  Wakil Bupati Bangka Syahbudin SIP ketika menerima penghargaan Adipura tahun 2018 di Kantor Bupati Bangka.Selasa (15/01/19).

Terkhusus Kota Sungailiat sebagai ibukota Kabupaten Bangka penerimaan penghargaan Adipura adalah yang ke-10 (sepuluh) kalinya dikatagori bidang lingkungan kebersihan kota kata Syahbudin yang mendapat appluos dari para undangan.

Wakil Bupati Bangka ini menerangkan kalau Kota Sungailiat sudah menerima penghargaan Adipura dari sejak tahun 1997, 2005,2006, 2007, 2008, 2009, 2010, 2013, 2017 dan tahun 2018.

“Penghargaan Adipura ini adalah merupakan sebuah penghargaan bagi kabupaten Bangka khususnya kota Sungailiat yang berhasil dalam pengelolaan lingkungan,” katanya.

Penghargaan Adipura diberikan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup dan Kehutanan bagi kota yang masuk dalam katagori menerima anugrah peduli lingkungan tahun 2018, ungkap Syahbudin

Ditegaskan oleh Wakil Bupati Bangka, hal ini menjadi motivasi kepada dinas instansi terkait, petugas kebersihan dan masyarakat pada umumnya bahwa penerimaan Adipura bukan penilaian kota saja tetapi bagaimana komitmen daerah dan masyarakat dalam mengelola persampahan, penghijuan, penanganan lahan krisis, masalah aliran sungai dan kawasan kumuh, oleh karena itu untuk penilain Adipura sekarang ini lebih berat dari pada sebelumya, terangnya.

Ia mengatakan bahwa penghargaan Adipura adalah sebagai pemicu bagi seluruh elemen masyarakat untuk menjaga lingkungan agar penghargaan Adipura dikabupaten Bangka dapat dipertahankan.

Karena katanya mempertahankan lebih sulit dan butuh kerja keras, untuk itu diharapkan seluruh jajaran pemerintahan kabupaten Bangka segenap petugas kebersihan tidak langsung berpuas diri namun semakin meningkatkan lagi kerjanya karena akan semakin sulit untuk memperoleh Adipura ditahun berikutnya, imbuh Wakil Bupati Bangka Syahbudin.

Tak lupa juga Syahbudin menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran pemerintah yang telah berkontribusi dalam penerimaan penghargaan ini pungkasnya.

Sementara itu salah seorang petugas kebersihan Ani ketika di wawancarai wartawan KSP berharap agar masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi dan tidak membuang sampah sembarangan san buanglah pada tempat yang sudah di sediakan. Anipun berharap agar gaji mereka bisa ditingkatkan sehingga akan semakin memberikan semngat.

(11)