Serentak Tangani Korban Puting Beliung di Rancaekek

Pewarta : Dimas Madia

Koran SINAR PAGI, Kab. Bandung,- Akibat angin puting beliung, ratusan rumah milik warga Desa Jelegong Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung mengalami rusak berat dan rusak ringan. Pasalnya, selain angin puting beliung juga disertai hujan deras.

“Ratusan rumah hancur, 2 orang mengalami luka berat, puluhan mengalami luka ringan,” kata Camat kepada wartawan.

Sementara rumah warga Kampung Papanggungan Desa Jelegong yang mengalami rusak ringan sebanyak 24 rumah dan di RT 8/RW 23 Blok B Perumahan Permai 2 Rancaekek ada 82 KK, sehingga total rumah rusak ringan mencapai 106 rumah.

Sedangkan yang rusak berat di Kampung babakan Jati ada 8 rumah, dan di RT 8/RW 23 Blok B Perumahan Permai 2 Rancaekek ada 4 KK, sehingga total rusak berat mencapai 12 KK.

“Sebanyak kurang lebih 80 KK warga masyarakat perumahan Rancaekek Permai 2 korban puting beliung ada yang menggungsi ke rumah kerabat atau keluarga dan sebagian di tampung di Mesjid Al Iklas serta Mesjid Mujahirin yang berlokasi di Perum Rancaekek Permai 2,” kata Baban.

Camat mengatakan anggota Koramil 0902 Rancaekek hingga saat ini masih mendata rumah warga masyarakat yang terkena musibah dan membantu warga masyarakat membersihkan puing -puing akibat kejadian. TNI juga melaksanakan siaga 1 di lokasi kejadian guna meminalisir terjadinya pencurian. Bantuan juga datang dari 1 regu dari Brimob Polda Jabar dan 1 Regu dari Basarnas.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung turun tangan ke lapangan untuk membantu evakuasi korban dan melakukan asesmen di lapangan.

“BPBD langsung turun tangan, kecamatan juga akan segera membantu, dibantu juga anggota polres, brimob, PMI dan elemen masyarakat lainnya yang telah membantu” tutupnya.

(15)