SPPT Elektronik Bapenda Kota Bogor untuk Permudah Layanan PBB P2

Pewarta : H. Ahyar. M

Koran SINARPAGI, Bogor,– Pemerintah Kota Bogor melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) meluncurkan inovasi baru untuk mempermudah masyarakat dalam pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan – Pedesaan Perkotaan (PBB P2).

Mulai 2 Januari 2019, aksesibilitas wajib pajak untuk  memperoleh SPPT PBB semakin dimudahkan dengan sistem elektronik. Di mana, SPPT PBB akan dikirimkan melalui email warga bersangkutan.

“Saat ini diberlakukan khusus bagi buku 3, 4 dan 5 atau ketetapan lebih dari Rp 500 ribu. SPPT PBB nya dikirimkan via email dan pemberitahuannya akan dilakukan melalui SMS dan WA,” ungkap Plt Kepala Bapenda Kota Bogor An An Andri Hikmat, Jumat (11/1/2019).

Ia menambahkan, untuk buku golongan 1 dan 2 atau dibawah Rp 500 ribu pihaknya masih melakukan pencetakan secara manual. Pengecualian ini, kata An An, karena  jumlahnya masih banyak dan mereka rata-rata tidak memiliki email.

Ia berharap, melalui inovasi ini perencanaan implementasi SPPT elektronik yang sudah dirancang oleh Bapenda Kota Bogor dapat berjalan lebih komprehensif dan representatif. “Karena salah satu permasalahan yang menyebabkan tingkat kepatuhan pembayaran PBB P2 setiap tahunnya adalah proses penyampaian SPPT,” terangnya.

“Semoga dapat mempermudah pemerintah dalam mengontrol, sehingga tidak perlu lagi mencetak dan tidak perlu lagi melakukan pengiriman karena semuanya akan terdata secara online,” tambah dia.

Sementara bagi masyarakat atau wajib pajak, cukup mendaftarkan diri pada aplikasi registrasi SPPT elektronik dengan mengisi beberapa informasi melalui aplikasi yang disediakan oleh Badan Pendapatan Daerah Kota Bogor. (Tria/Pri).***

(15)