Koramil Ngambon Tingkatkan Minat Baca Anak Sekolah di Wilayah Bojonegoro

Pewarta : Zul

Koran SINAR PAGI, BOJONEGORO,- Komando Distrik Militer (Kodim) 0813 Bojonegoro, melalui Koramil jajaran terus mengintensifkan program Satuan Atas. Dalam hal ini Kodam V Brawijaya dalam meningkatkan minat membaca bagi generasi muda Indonesia, melalui perpustakaan keliling Si Mokos.

Danramil 0813-16/Ngambon, Kapten Inf M. Jayin, mengatakan Si Mokos ini bergiliran menyapa para pelajar di setiap Kecamatan se- wilayah Kabupaten Bojonegoro.

“Tujuan utamanya adalah untuk membantu para pelajar yang merupakan generasi bangsa agar memiliki minat yang besar dalam membaca buku,” ujarnya, Rabu (08/01)

Ditambahkan olehnya, Si Mokos ini membawa dunia bagi generasi muda. Tidak dapat dipungkiri bahwa dengan membaca maka cakrawala dunia ini akan tersingkap dalam pengetahuan dan pemahaman.

Kapten Inf Jayin melanjutkan, hari ini Si Mokos mengunjungi para siswa siswi di SLTP Negeri 1 dan SMK Ngambon. Dari pantauan, di kedua sekolah tersebut, ternyata animo dan antusias membaca para pelajar cukup tinggi.

“Dalam kegiatan Si Mokos tersebut para Babinsa Koramil juga membantu para guru setempat dalam memberikan pengarahan tentang apa itu wawasan kebangsaan dan bela negara,” tutupnya.

Sementara itu menurut Wakil Kepala Sekolah SLTP 1 Ngambon, Wiwik Yuliarsih S. Pd. M. M, program Kodam V Brawijaya melalui Si Mokos ini adalah sarana interaksi antara TNI dan Rakyat melalui buku bacaan.

“Kami selaku pihak sekolah sangat gembira dan bangga dapat bersinergi dengan TNI dalam mencerdaskan generasi muda Indonesia,” ungkapnya.

“Melalui kegiatan inilah kami tahu bahwa TNI selalu ada untuk rakyat, khususnya dalam hal menjaga dan membina generasi muda dari bahaya dan ancaman yang melemahkan generasi muda kita,” imbuhnya

“Semoga dengan program Si Mokos sejak dini ini dapat membantu generasi Indonesia terbebas dari ketidaktahuan sehingga mereka nantinya dapat menjadi generasi yang lebih tangguh bagi NKRI,” tegasnya.(zul)

(6)