Uray Kemacetan, Satlantas Polres Garut Lakukan Rekayasa Arus Lalu Lintas

Pewarta : Fitri

Koran SINAR PAGI, Kabupaten Garut,- Longsor yang terjadi di Kampung Pangkalan, Desa Sukaratu, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Selasa (25/12), karena hujan dengan intensitas tinggi dalam beberapa waktu terakhir ini, menyisakan tumpukan material longsoran hingga menutupi badan jalan, akibatnya kemacetan pun tak bisa dihindari, kondisi ini diperparah dengan musim libur Natal dan pergantian tahun.

Untuk menangani hal ini, Polres Garut dibantu warga setempat menggandeng BPBD dan TNI bahu – membahu membersihkan tumpukan material longsor tersebut.

Kasat Lantas Polres Garut, AKP Rizky Adi Saputro yang sedang berada dilokasi longsor menyampaikan, untuk sementara masih diusahakan pembersihan material longsor yang menutupi badan maupun bahu jalan dengan menggunakan satu unit alat berat dan satu unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) untuk memindahkan material ketempat yang lebih aman.

“Insya Allah dalam satu jam kedepan material longsor sudah bisa dipindahkan seluruhnya, sehingga arus kendaraan kembali normal,” tandasnya.

Selanjutnya untuk kelancaran proses evakuasi material longsoran, dilakukan rekayasa lalu lintas dengan pengalihan arus kendaraan di lingkar Nagrek,

“Kendaraan dari arah Bandung menuju Garut, untuk sementara kami alihkan melalui jalur alternative selatan yaitu Leles dan Kadungora,” jelasnya.

Demikian hal nya dengan kendaraan dari arah Tasikmalaya dialihkan ke daerah Singaparna menuju Cilawu dan masuk Kota Garut, terangnya.

Dikatakan Rizky, pihaknya juga melakukan pengalihan titik yang ke 3 (tiga) yakni di simpang tiga Malangbong, dimana kendaraan yang datang dari Tasikmalaya dialihkan melalui daerah Wado Kabupaten Sumedang, pungkasnya.

(13)