Desa Paya Kabung Ogan Ilir Dapat Penghargaan Pengelolaan DD Terbaik

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Heri Kusnadi

Koran SINAR PAGI, Ogan Ilir,- Desa Paya Kabung, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir ditetapkan sebagai desa terbaik dalam pengelolaan Dana Desa (DD) se Sumatera Selatan tahun 2018 oleh Kementerian Keuangan melalui Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumsel.

Desa Paya Kabung merupakan Desa dengan kinerja terbaik dan Goodgovernance pengelolaan Dana Desa TA 2018 bersama 14 desa lainnya di Provinsi Sumsel.

Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan (DJPB) Sumsel, Tauhid mengatakan, bahwa 14 desa ini dipandang prospektif sebagai penyelenggara Goodgovernance dalam pengelolaan keuangan desa tahun 2018.

“Untuk itu sebagai stimulus kami berikan penghargaan,” ujarnya pada acara penyerahan DIPA petikan, daftar alokasi transfer ke daerah dan dana desa (DD) tahun 2019 di Palembang, Selasa (18/12/18) kemarin.

Tauhid menjelaskan, realisasi anggaran belanja transfer ke daerah dan Dana Desa tahun 2018 per 14 Desember telah mencapai Rp.27,74 triliun atau 97,09 persen dari Pagu transfer sebesar Rp.28,57 triliun,” katanya.

Sementara Kepala Dinas PMD Ogan Ilir, Trisno Filhaq, Kamis (20/12/18) mengatakan, ada beberapa kriteria penilaian terhadap penggunaan dana desa antara lain mulai dari tertib administrasi penyaluran administrasi perencanaan tingkat desa (RPJMDesa), RKPDesa, APBDesa progres pelaksanaan pembangunan ditingkat desa dan pelaporan penata usahaan keuangan desa.

Dirinya berharap, dengan diraihnya penghargaan ini dapat memotivasi desa-desa yang ada di Ogan Ilir dan lebih meningkatkan lagi kinerjanya baik dalam hal penyusunan administrasi pelaporan dan penatausahaan keuangan desa tepat waktu dan progres pembangunan ditingkat desa dapat dirasakan oleh masyarakat yang murni dari kebutuhan desa tersebut.

Menurutnya, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa terus berupaya dalam usaha memberikan pelayanan kepada aparatur desa agar penyerapan anggaran desa dapat berjalan dengan baik, benar dan tepat sasaran.

“Tentunya tugas penting kita saat ini adalah memberikan pendampingan agar penyaluran dana desa dapat berjalan dengan maksimal,” tukasnya.

Pos terkait

banner 468x60