Deklarasi Damai Komunitas Motor Trail Sejabar & Ulin Bareng Kapolda Jabar Bersama Komunitas Motor Trail

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Lina

Koran SINAR PAGI, Bandung ,- Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol.Agung Budi Maryoto dan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, Minggu (09/12/18) melaksanakan kegiatan Adventure Ulin Bareng Komunitas Trail di Mapolda Jabar Jalan Soekarno Hatta Bandung, bersama 2.000 anggota komunitas Motor Trail se Jawa Barat sekaligus Deklarasi Damai, dalam rangka menyongsong Pileg dan Pilres 2019 yang aman, damai dan sejuk, di Wilayah Jawa Barat.

Terdapat 4 (empat) point pernyataan dalam deklarasi tersebut yaitu,
1. Turut serta mengawasi dan mengikuti Pileg dan Pilpres 2019,
2.Mematuhi dan mentaati segala peraturan yang berlaku,
3.Menolak segala upaya yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat dan,
4.Meningkatkan soliditas kebersamaan dan persaudaraan.

Selain dihadiri Kapolda Jabar Irjen Pol.Agung Budi Maryoto, Deklarasi juga dihadiri Pangdam III/Siliwangi, Kasgartap II Bandung, Gubernur Jawa Barat yang diwakili oleh Kepala Kesbang Linmas, Ketua Komisi I DPRD Prov.Jawa Barat, Perwakilan KPU Prov Jabar, perwakilan Bawaslu Prov.Jawa Barat, Perwakilan MUI Jabar, Para Pejabat Utama Polda Jabar dan Kapolres Jajaran Polda Jawa Barat serta sekitar 2000 orang anggota Komunitas Motor Trail se Jawa Barat.

Dalam sambutannya Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan menyatakan, apresiasi kepada Kapolda Jabar yang telah memprakarsai untuk mengumpulkan komunitas Crosser yang ada di Jawa Barat untuk bersama-sama melakukan kegiatan dengan maksud untuk menyambut Pesta Demokrasi Pileg dan Pilpres 2019.

Pangdam menegaskan, Polda Jabar dan Kodam III/Siliwangi telah berkomitmen untuk tetap menjaga situasi Jawa Barat tetap kondusif, dengan tetap mencermati perkembangan situasi dengan cermat. Terutama terhadap upaya-upaya yang ingin mengadu domba masyarakat Jawa Barat.

Sementara Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol.Agung Budi Maryoto, dalam sambutannya menyampaikan, ucapan terima kasih pada masyarakat Jabar, khususnya comunitas crosser yang hadir. Karena Pilkada Jabar Serentak tahun 2018 berjalan dengan aman dan kondusif. Menurutnya Itu semua karena adanya sinergitas dan kebersamaan masyarakat Jawa Barat, “Pilihan boleh berbeda, namun tetap mengutamakan persatuan,” tegasnya.

Selain itu, disampaikan pula harapan Kapolda Jabar agar tetap mengutamakan kesatuan dan persatuan diantara masyarakat Jabar dalam Pileg dan Pilpres 2019. Penekanan Kapolda Jabar dalam Giat Ulin Bareng, adalah bukan untuk mencari siapa yang tercepat tetapi lebih mengutamakan adanya kebersamaan.

Kegiatan Deklarasi Damai tersebut, disemarakan dengan demonstrasi ketrampilan menggunakan motor besar oleh Polwa Polda Jabar dan ketrampilanTrail yang diperlihatkan oleh Dian, salah seorang Crosser wanita asal Tasikmalaya.

Setelah melalui trek yang disediakan, selanjutnya para crosser mengikuti pengundian doorprize dengan berbagai hadiah yang menarik. Adapun route yang dilalui diawali dari Mapolda Jabar, Bunderan Cibiru, Manisi, SMA Krida Nusantara, Cipulus, Cigupakan, Cilengkrang, Cikalamiring, Cipatat (pemberian bantuan di Masjid An Nur Cipatat), Dano, Palintang, Legok Nyenang (melaksanakan penanaman pohon), Paratag, Cinangka, Cigending, Alun-alun Uber, Jalan Rumah Sakit, by pass dan finish Mapolda Jabar.

Dalam kesempatan tersebut dibentuk comunitas crosser Matic Trail Bandung (MTB) untuk periode 2018 – 2020, dengan susunan kepengurusan sebagai berikut, Ketua : Njose, Wakil : Lucfi, Sekretaris/Bendahara : Sepsa, Humas : Apep. Event/Merchandise : Tomi, Tatib : Qbaw 1. Njose 2. Sepsha 3. Ijunk 4. Guruh 5. Hermawan 6. Bara 7. Septian ade rahmat 8. Ardy nama-nama dari Matic Trail Bandung (MTB).

“Dengan kegiatan ini diharap menimbulkan rasa cinta tanah air dengan tanamkan disiplin, kekompakan, sistem satu komando dengan satu tujuan,” terang Njose, Ketua Matic Trail Bandung (MTB) adalah sebuah komunitas motor yang berada di kota Bandung Jawa Barat.

Komunitas motor ini memiliki aturan dasar yang sangat sentral pada saat mendirikan ada aturan itu diantaranya, tertib lalu lintas, terapkan safety riding dan say to no drugs and drunk.

“Ketiga aturan dasar itu dirumuskan karena pada saat itu generasi muda di daerah kami benar benar kacau bagai sampah masyarakat. Kami pun bertekad memperbaiki generasi muda yang ada dengan mendirikan club agar menjadi wadah hobi yang positif,” tuturnya.

Diakuinya, Komunitas Matic Trail Bandung (MTB) yang saat ini punya 30 member selalu melakukan kopdar, namun mereka kopdar bukan di pusat kota yang ramai seperti club lain.

“Kita kopdaran bukan hanya ingin sekedar kopdaran tapi menciptakan suasana lain seperti ‘suasana haneuteun’ bagi warga sekitar yang kami jadikan tempat untuk kopdar. Jadi ga di kota pun kita bisa menikmati suasana tenang dan ramai seperti di pusat kota,” paparnya lagi.

“Alhamdulillah tidak lama ini kita mengadakan UBAR (Ulin Bareng) bertema “Offroader Berbagi” pada tanggal 4 november 2018 lalu, dan kita telah melakukan kegiatan positif tersebut dengan sambutan hangat dari warga sekitar dan kita untuk kedepannya akan selalu mengadakan kegiatan UBAR (Ulin Bareng) bertema “Offroader Berbagi”.

Saat kopdar biasanya mereka selaku sharing antar member, saling mendekatkan diri satu dengan yang lain dan sharing tentang motor atau trend yang sedang ramai. “Kita juga sharing tentang pekerjaan sampai keluarga, kita terbuka di saat kopdar,” katanya.

Pos terkait

banner 468x60