6 Fraksi DPRD Bantaeng Setujui Penetapan Perda APBD 2019

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Abd.Rahmansyam

Koran SINAR PAGI, Bantaeng,- Pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk tahun anggaran 2019 yang menjadi dasar kebutuhan utama Pemerintah Kabupaten Bantaeng akhirnya disetujui Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bantaeng untuk ditetapkan dari Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) menjadi Perda pada Rapat pleno.

Setelah melalui serangkaian pembahasan ditingkat Badan Anggaran dan Fraksi hingga menyetujuinya melalui Rapat Paripurna dengan agenda Pendapat Akhir Fraksi yang dilaksanakan di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Bantaeng, Jum’at (30/11/18) malam.

Bupati Bantaeng, H Ilham Azikin yang hadir pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas peran aktif seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersama segenap Pimpinan dan Anggota DPRD membahas Ranperda agar dalam implementasinya ke depan dapat memenuhi harapan seluruh masyarakat daerah ini.

“Kita sudah perlihatkan akselerasi atas komitmen bersama mengoptimalkan kinerja pemerintah daerah untuk mewujudkan masyarakat Bantaeng yang sejahtera”, ungkapnya.

Lanjut dia terkait masukan, rekomendasi dan catatan-catatan 6 (enam) fraksi DPRD. Dirinya menyampaikan rasa bangga dan terima kasihnya bahwa hal tersebut merupakan bagian tak terpisahkan dari tubuh APBD untuk dijabarkan tiap OPD.

“Apa yang teman-teman sampaikan baik bersifat rekomendasi maupun korektif menunjukkan komitmen menjaga langkah Pemerintah untuk terus maju”, terangnya.

Sebelumnya, 6 fraksi DPRD Kabupaten Bantaeng telah menyampaikan pendapat akhirnya dengan kesimpulan menerima dan menyetujui Ranperda APBD menjadi Perda APBD Tahun Anggaran 2019. Tentunya setelah dievaluasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Biro Keuangan.

Beberapa rekomendasi mengemuka dari tiap fraksi khususnya terkait optimalisasi program dan kegiatan untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat sebagaimana tertuang dalam Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Bantaeng Periode 2018-2023.

Diketahui APBD 2019 ditargetkan untuk pendapatan sebesar 1,016 Trilyun lebih dan Belanja sebesar 1,012 Trilyun lebih. Dari angka ini, APBD mengalami surplus mencapai lebih dari Rp.4 Milyar yang akan digunakan untuk penyertaan modal pada PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum).

“Kami merekomendasikan agar Pemerintah mengidentifikasi objek pajak yang baru untuk memaksimalkan target yang direncanakan”, tutur Alim Bahri dari fraksi APD.

Hal senada disampaikan Suardi dari fraksi PKS agar destinasi wisata di Bantaeng lebih diperhatikan dan ditingkatkan baik sarana maupun prasarana pendukungnya. Semisal Permandian Alam Eremerasa, dia meminta Dinas Pariwisata melengkapi dengan mushallah serta wahana yang lebih modern seperti waterboom agar lebih memikat pengunjung.

Persetujuan itu kemudian ditandatangani oleh Bupati Bantaeng dan Ketua DPRD Kabupaten Bantaeng, H Abd Rahman Tompo, dimana turut disaksikan para legislator, unsur Forkopimda, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Camat, Lurah dan Kepala Desa.

Pos terkait

banner 468x60