Wong Chun Sen Tarigan : Tugas Dan Tantangan Guru Ke Depan Semakin Berat

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Ester

Koran SINAR PAGI, Kota Medan,- Persoalan guru hingga sampai saat ini masih sangat kompleks dan perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah. Selain masalah kesejahteraan, guru juga harus mempersiapkan diri dengan kompetensinya agar indikator yang digunakan pemerintah dalam menyetarakan antara kompetensi dan kesejahteraan bisa disesuaikan.
Demikian seperti yang disampaikan oleh Anggota DPRD Kota Medan, Drs. Wong Chun Sen, kepada sejumlah media di Kota Medan, Minggu (25/11/18).

Sebenarnya, upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan guru sudah dijalankan seiring dengan diberlakukannya sertifikasi guru beberapa tahun terakhir. Guru bersertifikasi akan mendapat penghargaan dan insentif tambahan.

“Untuk sertifikasi guru, pemerintah juga perlu melakukan evaluasi terhadap kinerja para guru yang sudah sertifikasi apakah masih sesuai atau justru sebaliknya jadi menurun. Dalam hal ini, pemerintah harus benar-benar selektif dan transparan dalam melakukan penilaian,” kata Wong Chun Sen yang akrab disapa Tarigan.

Memasuki era teknologi informasi yang semakin maju, guru juga harus mampu untuk melakukan perubahan terutama dalam peningkatan kemampuan dan kapasitas dalam mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama pendidikan dan kemampuan dalam menguasai perkembangan teknologi.

“Guru zaman now harus bisa menyesuaikan diri dengan pola pengajaran yang semakin maju dan menggunakan teknologi. Karena guru sekarang sedang berhadapan dengan generasi Z yang sudah lahir di era teknologi informasi yang semakin canggih. Anak sekarang begitu lahir sudah langsung melek teknologi,” paparnya.

Menyikapi hal ini, kata Tarigan guru harus benar-benar mempersiapkan kompetensinya jika tidak ingin tertinggal dengan guru lainnya yang sudah memiliki kemampuan lebih. Tidak hanya guru yang sudah kompeten dan bersertifikasi, guru yang baru saja menekuni profesinya sebagai pahlawan tanpa tanda jasa harus memiliki keinginan untuk terus belajar dan belajar agar tidak tertinggal dalam banyak hal.

“Guru zaman now sudah jauh berbeda dengan guru jaman dulu. Guru sebagai pendidik juga harus bisa sebagai teman, sahabat, orangtua dan sekaligus sebagai pengayom dalam menjalankan tugasnya membentuk karakter anak menghadapi persaingan yang semakin ketat. Bangsa ini sedang menghadapi persoalan semakin memudarnya nasionalisme masyarakat dalam bingkai NKRI. Tugas guru semakin berat dan tantangan yang dihadapi juga beragam,” pungkasnya.

Tambah Wong, menghadapi tantangan yang semakin beragam, guru harus memiliki keinginan kuat dalam melakukan perubahan, terutama dalam mempersiapkan generasi ke depan yang berkarakter dan berintegritas.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90