Pencanangan Kampung Siaga Bencana Resmi Dibuka Oleh Wakil Bupati Takalar

Pewarta : Abd.Rahmansyam

Koran SINAR PAGI, Takalar,– Wakil Bupati Takalar, Ahmad Se’re meresmikan Pencanangan Kampung Siaga Bencana di Kelurahan Mangadu Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar, Senin (19/12/18), dalam sebuah upacara yang dikuti oleh unsur Tagana Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Sidrap dan Tagana Kompi UIN Makassar.

Wakil Bupati Takalar yang menjadi Pembina Upacara dalam sambutan tertulisnya menyampaikan Apresiasi dan terima kasih kepada Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan atas pelaksanaan kegiatan pencanangan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kelurahan Mangadu Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar.

“KSB adalah wadah penanggulangan bencana berbasis masyarakat yang dijadikan kawasan untuk program penanggulangan bencana sesuai dengan dengan Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 128 Tahun 2011 Tentang Kampung Siaga Bencana,” ujarnya.

Ridwan Tiro, Kadis Sosial Kabupaten Takalar Terima Bantuan Kendaraan Operasional dari Kementerian Sosial RI

Dia menilai penempatan KSB di Kabupaten Takalar sangat tepat, mengingat wilayah ini merupakan daerah rawan bencana, salah satunya di Kelurahan Mangadu Kecamatan Mangarabombang yang rawan bencana Banjir, Angin Puting Beliung, Abrasi dan tanah longsor.

Bupati berharap setelah pencanangan ini dapat memberikan Edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya penanganan dan penanggulangan bencana.

Ditambahkannya, kegiatan tersebut melibatkan seluruh instansi pemerintah dan masyarakat serta para relawan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam.

Dia berharap seluruh Binaan Dinas Sosial Takalar, dan TNI – POLRI, Instansi, SKPD dan OPD untuk terus melakukan kordinasi secara terencana, terpadu dan berkesinambungan sebagai upaya memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman dan dampak bencana yang kemungkinan akan terjadi, tandasnya.

(22)