Kecamatan Rantau Panjang Adakan Pelatihan TTG

Pewarta : Heri Kusnadi

Koran SINAR PAGI Ogan Ilir,- Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna (TTG) se Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir Tahun Anggaran 2018, diadakan di Aula Kecamatan Rantau Panjang, Jum’at (16/11/18).

Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa/P3MD yang dibiayai dengan mengunakan Dana Desa.

Komsir, Narasumber TA TTG Kabupaten Ogan Ilir mengatakan, mengacu pada UU No.6 tahun 2014, tentang Pemetaan dan Pengkajian Teknologi Tepat guna, maka diadakan pelatihan tepat guna, hal ini dilakukan untuk menggali potensi Desa untuk mendapatkan penghasilan yang baru, dan menjadi manfaat dari Desa dan untuk kita, ujarnya.

“Setelah mendapat pelatihan kita mendapat keterampilan memanfatkan potensi disekitar lingkungan yang ada, Kita harus bisa mendapat pekerjaan jangan hanya menunggu,” tuturnya.

Sementara menurut Pendamping Desa Kecamatan Rantau Panjang, peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah perwakilan dari 12 Desa di Kecamatan Rantau Panjang, masing – masing diwakili oleh 3 orang setiap desa.

Nara sumber berasal dari TA (Tenaga Ahli) Kabupaten, sedanfkan panitia kegiatan dari BKAD (Badan Kerjasama Antar Desa) Kecamatan Rantau Panjang, kegiatan pelatihan berlangsung selama 2 hari yakni tanggal 15 – 16 Oktober 2018.

Dia berharap masyarkat dapat mengapilikasikan ilmu yang diperoleh dari pelatihan ini di kehidupan sehari – hari.

“Materi yang diberikan hari pertama adalahtentang pengolahan sampah plastik, menjadi bahan bakar minyak, sedangkan dihari kedua tentang cara mengolah permentasi jerami untuk pakan ternak,” tutupnya.

(21)