Penguatan Fungsi Balitbang melalui Forum Koordinasi Kelitbangan

Pewarta : Ester

Koran SINAR PAGI, Kota Medan,- Pemanfaatan hasil Penelitian dan Kajian dari Perguruan Tinggi di Medan untuk Pembangunan Kota Medan merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi dari Balitbang sebagai Lembaga yang dapat memberikan sumbangan pemikiran yang akhirnya dapat dijadikan kebijakan serta program-program oleh Pemerintah Kota Medan demi mempercepat gerak pembangunan kota ke arah yang lebih baik.

Kepala Balitbang Kota Medan, Marasutan dalam sambutannya menyampaikan, dalam menyusun planning pembangunan Kota Medan tentu perlu pengkajian / penelitian terlebih dahulu secara komperehensive agar pembangunan tersebut dapat langsung dirasakan masyarakat Kota Medan disamping itu juga dapat dipertanggung jawabkan secara akademis

“Saya berharap kepada seluruh SKPD kedepannya untuk melakukan rencana kegiatan yang bersifat jangka panjang terlebih dahulu melakukan pengkajian dan penelitian dengan Balitbang Kota Medan agar dapat mendengar apa yang dirasakan oleh masyarakat Kota Medan,” ujarnya, Senin (12/11/18).

Kemudian, Marasutan memaparkan, Balitbang memiliki kontribusi yang besar dalam memberikan masukan dalam pembuatan kebijakan yang akan ditempuh oleh pemerintah kabupaten dan kota maupun provinsi menjadi lebih baik dan efisien.

“Peranan Balitbang ini sesungguhnya besar dalam memberikan rekomendasi terhadap pembuatan kebijakan yang akan ditempuh pemerintah. Kebijakan yang baik adalah kebijakan yang pro terhadap kepentingan rakyat,” ungkap Marasutan.

Sebelumnya, Ketua panitia Bahrian Dalimunthe, dalam laporannya mengatakan tujuan diadakannya kegiatan ini antara lain sebagai wahana memperkuat pilar-pilar bagi penumbuhkembangan kreatifitas kelitbangan Kota Medan, peningkatan kualitas kelitbangan dalam rangka mendukung daya saing secara global, pemanfaat teknologi informasi, komunikasi dalam kelitbangan serta mengupayakan peningkatan penguatan kelitbangan di Kota Medan dan kerjasama dengan lembaga penelitian perguruan tinggi negeri dan swasta.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini peran penelitian pembangunan dan kesejahteraan masyarakat akan lebih dioptimalkan lagi,” pungkas Bahrian.

(22)