Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu Akan Dilayari Kapal Ferry Ro-Ro

Pewarta : Imam K

Koran SINAR PAGI, Bangka,- Rencananya pada tahun 2019 yang akan datang jalur pelayaran Tanjung Gudang Belinyu ke Baki Kecamatan Jebus akan dilayari kapal ferry penyebarangan jenis RO-RO, demikian dikatakan kepala KSOP Pangkalbalam Izuar saat di temui wartawan Koran Sinar Pagi Juara diruang kerjanya, Selasa(13/11)

Menurut KSOP Pangkalbalam, Izuar hal ini memang sudah menjadi cita-cita dan harapan masyarakat Belinyu dan Baki sejak lama agar dibangun jembatan, karena kata Izuar yang lama bertugas di Maluku ini, untuk membangun jembatan sendiri tentunya memerlukan cost yang cukup tinggi.

“Jadi tahun depan Tanjung Gudang Belinyu ke Baki Jebus sudah bisa dilayari kapal penyeberangan,” ujarnya.

Karena Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung Erzaldi Rosman Johanpun melalui pemerintah provinsi Babel mengatakan untuk sementara waktu, jalur penyebrangan Tanjung Gudang Belinyu –
Baki Jebus dilayari oleh kapal fery jenis RO-RO jelas Izuar.

Dikatakannya, khusus untuk kepal penyebrangan jenis RO-RO ini nantinya akan memiliki tempat tambat atau pelabuhan sendiri sehingga tidak antri sehingga dapat mempercepat proses kegiatan pelayanan.

“Sehingga kapal tersebut tidak waiting time terlalu lama di laut untuk menunggu air pasang,” kata Izuar putra kelahiran Desa Baki Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka.

Bahkan kedepan Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu akan disinggahi kapal-kapal kontainer melayani daerah – daerah disana, imbuhnya.

Izuarpun menjelaskan untuk kondisi pelabuhan Pangkalbalam dalam proses pengembangan karena sudah terlalu penuh dan lambat laun pelabuhan tersebut diduga akan mengalami pendangkalan akibat dipengaruhi oleh sedimen yang cukup tinggi.

“Jadi kita harus mengembangkan pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu sebab kapal-kapal besar masih masuk dan sampai dengan saat ada 3 kapal besar yang melayani penumpang dari pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu jadi kedepan pelabuhan akan di tambah panjangnya menjadi sekitar 300 meter,” tukas Izuar.

Dikatakan, kita berharap dan mendukung Gubernur provinsi Kepulauan Bangka-Belitung yang memiliki program pengembang pembangunan provinsi Bangka-Belitung yang super megah ini dapat terwujud kata Izuar.

(47)