Wagub Jabar Buka Pameran Pendidikan Kejuruan 2018

Pewarta : Fitri

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut,- Pameran Pendidikan Kejuruan Provinsi Jawa Barat tahun 2018 yang di gelar di lapang kerkoff Kabupaten Garut, Selasa (13/11/18) dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, dengan diikuti SMK se Jawa Barat yang masing – masing menampilkan kreasi seni dan beberapa stand yang menyajikan berbagai hasil kreatifitas setiap perserta.

“Acara ini diselenggarakan setiap tahun dengan menampilkan berbagai kreasi dan kreativitas siswa – siswi SMK,” ucap Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Ahmad Hadadi.

Pihaknya menitikberatkan SMK ke teaching industri, karena dunia industri melekat di SMK, “Kami tegaskan, SMK di Jabar harus punya unit produksi, dengan demikian dunia kerja industri ada di SMK,” ujarnya.

Sementara Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang mewah dari 11 kegiatan sebelumnya, “Kegiatan ini sangat luar biasa, saya mengucapkan terima kasih kepada para pengusaha yang ikut berpartisipasi pada kegiatan ini,” katanya.

Menurutnya, kegiatan peningkatan sumber daya manusia pada era globalisasi adalah mutlak dan wajib hukumnya, karena kalau tidak mampu meningkatkan sumber daya manusia dan kemampuan diri sendiri maka tidak bisa bersaing dalam hidup.

“Peningkatan kemampuan SDM dalam ilmu keahlian mutlak harus dilakukan khususnya bagi anak-anak sebagai tunas harapan bangsa, khususnya masyarakat Jawa Barat, karena kesuksesan seseorang terkadang dipengaruhi oleh ilmunya,” tandasnya.

Uu menuturkan, lahirnya SMK adalah untuk meningkatkan keahlian seseorang, karena dulu SMK dianggap tidak mampu melahirkan ahli – ahli dibidangnya, oleh karena itu kata dia, niat dari kepala sekolah dan para guru diperbaiki dalam meningkatkan kemampuan siswa agar keluaran SMK memiliki keahlian khusus dibidang yang diminatinya.

“Dalam hal ini saya berharap kepada kepala sekolah dan kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat harus mampu memunculkan terobosan-terobosan baru yang memiliki daya saing,” paparnya.

Selain Wakil Gubernur Jawa Barat, hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi, Staf Ahli Bupati Garut, Kepala Dinas Pendidikan Jabar, Kadis Pendidikan Garut, Kepala SKPD Dinas Provinsi Jawa Barat serta Kepala Sekolah SMK se-jawa Barat.

(5)