PN Depok Tolak Gugatan Pedagang Terkait Lahan Pasar Kemirimuka

Pewarta : Anis M,SE

Koran SINAR PAGI, Depok,- Pengadilan Negeri (PN) Depok, gelar sidang putusan atas gugatan Derden Verzet Pedagang melawan pengembang pasar Kemirimuka PT Petamburan Jaya Raya. Seperti diketahui, pedagang melalui Kuasa Hukum Leo Prihadiansyah melayangkan gugatan Derden Verzet pada 16 April 2018 sebagai bentuk penolakan rencana eksekusi oleh PN Depok pada 19 April 2018 lalu.

Dalam Sidang Putusan Majelis Hakim Ketua Yuanne Marieetta mengatakan PN Depok menolak gugatan (derden verzer) pelawan karena tidak berdasar dan tidak beritikad baik menghormati keputusan Incrath Peninjauan Kembali (PK) Mahkamah Agung RI pada tahun 2013 lalu.

Hakim Ketua Yuanne, membacakan isi putusan Majelis Hakim PN Depok, bahwa Mengadili, dalam eksepsi, menolak eksepsi pelawan untuk seluruhnya. Dalam provisi, menolak permohonan provisionil turut terlawan dua.

“Dalam pokok perkara menyatakan, menolak perlawanan terlawan. Dua menyatakan para pelawan adalah pelawan yang tidak bertikad baik,” ucapnya.

“Tiga menyatakan, sah dan berharga sita eksekusi sebagaimana penetapan eksekusi Ketua Pengadilan Negeri (PN) Depok Tanggal 21 Juni 2016 No: 04/Penetapan-pdt/delegasi eksekusi/2016/PN Depok jo No:16/pdt/eksekusi/2012/PN Bogor jo No:36/pdt/2009/PN Bogor jo No: 695/Kasasi/pdt/2011 jo No:476/PK-pdt/ 2013.

“Membebankan kepada pelawan biaya perkara sebesar Rp1.246.000 (ketok palu). Demikianlah diputuskan dalam rapat musyawarah majelis hakim PN Depok, pada hari Rabu oleh Yuanne Marieetta sebagai hakim ketua majelis dan Ramon Wahyudi, Darmo Wibowo Mohamad masing-masing sebagai hakim anggota,” ujar Yuanne, pada Sidang Putusan, atas gugatan Derden Verzet pedagang pasar kemirimuka melawan PT Petamburan, Senin (12/11), di PN Depok.

Sementara Kuasa Hukumnya Pedagang Pasar Kemirimuka Leo Prihadiansyah menerangkan, bahwa pihaknya menerima putusan majelis hakim. Namun dia mempertanyakan putusan majelis hakim yang menyatakan para pelawan adalah pelawan yang tidak bertikad baik.

“Artinya, aya masih agak bingung soal (tidak beritikad baik) itu. Tapi kita hormati putusan hakim. Nanti kita rembukan dulu, apa langkah selanjutnya yang akan diambil, apakah ada upaya banding atau tidak kami lihat putusannya dulu,” terangnya.

Dari pantauan tersebut, sidang putusan gugatan Derden Verzet di ruang sidang Cakra PN Depok berlangsung kondusif. Ratusan massa pedagang pasar membubarkan diri usai majelis hakim mengetuk palu tiga kali tanda sidang sudah selesai dan ditutup.

(24)