Untuk Menunjang Perekonomian Masyarakat, Pemdes Cibiuk Kidul, Buka Jalan Baru

Pewarta : Agus Lukman

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut,– Pembangunan desa di Kabupaten Garut dengan sumber dana dari program Dana Desa yang terus dipacu, salah satunya adalah sebagai sarana penunjang membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Seperti halnya di desa Cibiuk Kidul Kecamatan Cibiuk, yang kini sedang dibangun infrastruktur tembok penahan tanah (kirmir) jalan lingkungan untuk membuka jalan baru untuk mempermudah akses penguna jalan agar tidak jauh saat menuju jalan provinsi dari kantor desanya.

Diungkapkan Cepi, Sekertaris Desa Cibiuk, Kec.Cibiuk Kab.Garut, untuk menahan tanah agar kuat menahan longsor saat digunakan nanti, tahapan pembukaan jalan baru, kini sedang dibangun kirmir, jelas Cepi.

Panjang kirmir jalan yang kini sedang dikerjakan pada bahu kiri dan kanan badan jalan panjangnya kurang lebih dari 860 meter dengan lebar variatif sesuai dengan kondisi jalan, terangnya.

“Setelah kirmir dan rabat jalan selesai dibangun warga Cibiuk Kidul tidak usah lagi muter untuk menuju jalan utama, karena jalan ini merupakan jalan tembus, sehingga bisa menghemat waktu,” terang Cepi.

Kirmir sepanjang 860 meter dengan lebar rata – rata 40 cm ini berlokasi di Kampung Pasantren, Desa Cibiuk Kidul, Kecamatan Cibiuk, Kabupaten Garut, sebagai jalan tembusan dari kampung Pasantren Cibiuk Kidul tembus hingga jalan raya provinsi Kp.Cilanjung Desa Cipareuan.

(25)