MCK Baru Tak Berfungsi, Warga Terpaksa Kembali Gunakan MCK Lama

Pewarta : Agus Lukman

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut,- Bangunan MCK di RW 07 Kampung Selaawi, Desa Mekarsari, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, yang baru selesai dibangun pada bulan Agustus 2017 lalu dengan menghabiskan anggaran hampir Rp.41 juta dari Dana Desa, kini tak bisa dipergunakan warga, pasalnya karena musim kemarau yang berkepanjangan, debit mata air jadi berkurang drastis bahkan hingga mengering.

Akibat kondisi tersebut warga terpaksa kembali menggunakan bangunan MCK lama yang kondisinya memprihatinkan, selain mulai terlihat kumuh bangunan MCK itu juga tidak beratap, ungkap Kamal, salah satu warga Kampung Selaawi kepada Koran Sinar Pagi, Jum’at (02/11/18).

“Bagaimana mau digunakan, airnya saja gak ada,” katanya.

Bangunan MCK baru yang dibiayai dari program Dana Desa, tidak bisa digunakan (mubadzir) karena tidak ada airnya

Menurutnya Kamal (50), sejak selesai dibangun hingga kini MCK yang dibiayai dari Dana Desa tahun 2017 tersebut belum pernah digunakan, karena tak bisa menampung air.

Selain itu, bangunan MCK tersebut tidak dilengkapi dengan mesin penyedot air, untuk itu ia berharap, pemerintahan desa bisa membantu menyediakan pompa air, agar MCK yang baru dibangun bisa dirasakan manfaatnya oleh warga.

“Kalau ada pompa airnya, walaupun musim kemarau air disini tidak pernah kering, karena disekitar MCK itu ada sumber air yang tak pernah kering,” pungkasnya.

(26)