Bupati Garut : Potensi Panas Bumi Mempercepat Pembangunan Daerah

Pewarta : Fitri

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut,- Kementrian ESDM menyelenggarakan sosialisasi capaian kinerja ESDM “Panas Bumi dan Pelestarian Lingkungan Hidup” yang diselenggarakan di kawasan Kamojang Kecamatan Samarang Kabupaten Garut, Jumat (02/11/18).

Bupati Garut sekaligus narasumber, Rudy Gunawan menuturkan, sebagai daerah daerah yang memiliki potensi Panas Bumi sangat luas, banyak manfaat yang didapat oleh Pemerintah Kabupaten Garut.

“Tidak semua kabupaten memiliki potensi panas bumi, dimana hal ini menjadi bagian dalam mempercepat proses pembangunan satu daerah”, paparnya.

Menurutnya, dampak pertumbuhan pembangunan sangat terasa saat ini, dibeberapa lokasi yang berdekatan dengan potensi panas bumi di kabupaten Garut, salah satunya kecamatan Karangtengah yang berdekatan dengan panas bumi Karaha Bodas.

“Dengan akses pembangunan yang begitu cepat, menjadikan tempat ini luar biasa dari sebelumnya,” tandas bupati.

Ditambahkan, keberadaan panas bumi sangat tergantung dengan keberadaan sumber air, oleh karena itu Garut harus memberikan jaminan air tetap ada.

“Karena itu hutan harus tetap ada, makanya Saya sangat marah apabila ada ilegal logging di wilayah itu, dan Pemkab Garut akan memicu anak didik untuk memiliki hasrat sebagai Duta Lingkungan Hidup dengan memberikan sosialisasi di sekolah – sekolah”, ujarnya.

Manfaat lain dari panas bumi, kata Rudy Gunawan, adanya pengembangan Pariwisata, sebagai contoh yang saat ini ada di Pasirwangi dan Wanaraja.

“Potensi Darajat dan Talaga Bodas tidak akan terekspos apabila tidak ada perusahaan – perusahaan yang mengelola panas bumi disana”, jelas Rudy.

Menurutnya, perkembangan pembangunan sangat dirasakan oleh beberapa desa yang berada di kawasan penghasil panas bumi, dimana pertumbuhan ekonomi dan pembangunannya cukup berkembang dengan pesat dan dampaknya terasa bagi Pemkab Garut, pungkasnya

(10)