Kepala Bandiklat Kejagung RI Tutup Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan I Hingga V

Pewarta : Anis M, SE

Koran SINAR PAGI, Jakarta – Kepala Badan Pendidikan dan Latihan (Badiklat) Kejaksaan Agung RI, Setia Untung Arimulyadi menutup Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan I Hingga V, yang diikuti 200 peserta, bertempat di Badan Diklat Kejaksaan, Ragunan, Jakarta Selatan.

Setia Untung saat menutup kegiatan latsar mengatakan kalau latsar calon pegawai negeri sipil adalah salah satu diklat strategis untuk mewujudkan pegawai negeri sipil sebagai bagian dari aparatur sipil negara menjadi profesional, membentuk nilai-nilai dasar profesi pegawai negeri sipil yang mampu bersikap dan bertindak profesional dalam melayani masyarakat,” tuturnya.

Karakter tersebut, kata dia, dibentuk oleh nilai-nilai dasar profesi yaitu akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu dan anti korupsi, serta kedudukan dan peran PNS dalam NKRI.

Hal itu jugalah, ucap Untung, yang menjadi acuan dan pondasi dasar dalam membentuk karakter ASN yang berdaya saing dan kompeten untuk menyambut cita-cita ASN berkelas dunia.

Hanya dalam konteks pengembangan SDM aparatur, dia mengingatkan agar latsar CPNS bukan sekedar sebagai tahap yang dilalui untuk mengubah status CPNS menjadi PNS. “Tapi pelatihan ini merupakan awal bagi serangkaian perjalanan dan perkembangan karir di masa depan,” ujarnya.

Dikatakan juga mantan Kajati Jawa Barat ini bahwa dalam pelatihan telah terjadi proses transfer pengetahuan, sharing pengalaman dan bersinergi dalam kelompok serta serangkaian interaksi saling mendukung dan menguatkan komitmen sebagai aparatur negara.

Untuk itu dia mengharapkan nilai-nilai yang telah terjalin dalam latsar dijadikan sebagai bekal menjadi ASN yang profesional, terampil, memiliki keterampilan dan kemampuan dalam menjalankan masing-masing tupoksi.

Dia pun meminta jadilah agen dan pelopor perubahan yang beriman dan bertaqwa, kreatif, inovatif, mandiri dan bertanggung-jawab. Serta berdaya saing serta memiliki jiwa kepemimpinan yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 dalam kerangka NKRI

(14)