Isue Penculikan Anak, Polisi Diminta Beri Jaminan Keamanan ke Masyarakat

Pewarta : Ester

Koran SINAR PAGI, Kota Medan,- Wakil Ketua DPRD Medan, Ihwan Ritonga meminta aparat kepolisian memberikan jaminan keamanan atas kecemasan masyarakat terkait isue penculikan anak.

“Terlepas hoaks atau tidaknya isue penculikan anak, pihak kepolisian perlu lebih mengintensifkan keamanan sebagai jaminan atas kecemasan masyarakat tersebut,” kata Ihwan Ritonga, Senin (29/10/18).

Ihwan Ritonga juga mengimbau para orang tua untuk lebih mengawasi anak-anaknya saat berada di luar rumah. Misalnya saat berada di sekolah atau di ruang-ruang publik.

“Artinya lebih waspada saja. Misalnya saat mengajak anak-anaknya keluar rumah seperti di mal atau ruang publik lainnya,” katanya.

Yang juga tak kalah pentingnya, kata politisi Partai Gerindra ini, pihak sekolah, khususnya sekolah dasar, perlu lebih mengawasi peserta didiknya saat jam-jam istirahat sekolah atau saat pulang sekolah.

“Terlebih saat jam pulang sekolah. Pengawasan perlu lebih intensif. Pihak sekolah perlu memerintahlan petugas sekuritinya untuk jeli terhadap orang-orang yang akan menjemput para pelajar tersebut,” katanya.

Sebelumnya, isue penculikan anak ini merebak di grup-grup WhatsApp dengan menampilkan para korban penculikan yang tewas dengan organ tubuh yang tidak lengkap.

Isue yang dulunya pernah merebak tersebut kini dimunculkan kembali. Dampaknya masyarakat mulai khawatir atas keberadaan anak-anaknya terlebih saat pulang sekolah.

“Apalagi banyak orang tua yang mempercayakan ke pihak ketiga (penarik becak) mengantar jemput anaknya sekolah,” kata Ihwan Ritonga.

(10)