Puskesmas Sumber Mulya, Kedatangan Tim Surveyer Akreditasi Dari Pusat

Pewarta : Iwan Brata Darma

Koran SINAR PAGI, Muara Enim,- Pembangunan kesehatan merupakan aspek penting dalam kerangka pembangunan nasional, untuk mencapai tujuan pembagunan kesehatan nasional tersebut, pemerintah menyelenggarakan berbagai upaya kesehatan secara menyeluruh, berjenjang dan terpadu.

Salah satunya dengan menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 sebagai landasan hukum dalam penyelenggaraan Puskesmas, yang merupakan unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan Kabupaten /Kota sebagai penanggung jawab penyelenggaraan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya.

Untuk menjamin bahwa perbaikan mutu, peningkatan kinerja dan penerapan manajemen risiko dilaksanakan secara berkesinambungan di Puskemas, sebagai garda terdepan kesehatan masyarakat, diperlukan adanya penilaian oleh pihak eksternal dengan menggunakan standar yang ditetapkan, yaitu melalui mekanisme akreditasi.

Tujuan akreditasi adalah untuk pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu, sistem penyelenggaraan pelayanan serta program dan penerapan manajemen risiko, yang tentu saja akreditasi ini bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi.

Berkaitan dengan hal tersebut, Puskesmas Sumber Mulya, Kecamatan Lubai Ulu, Kabupaten Muara Enim, kedatangan tim akreditasi Puskesmas dari pusat, yang akan melakukan penilaian terhadap unsur – unsur yang menjadi standar sistem pelayanan untuk memperoleh akreditasi, Kamis (25/10/18).

Kepala UPTD Kesehatan Sumber Mulya, Wansori Hidayat, menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim dan sektor – sektor terkait serta seluruh kepala desa di Kec.Lubai Ulu, yang telah mendukung proses menuju akreditasi Puskesmas Sumber Mulya.

Menurutnya ada 3 (tiga) kelopok kerja yang akan dinilai, yakni Administrasi, UKM, PKB, tata ruang sekaligus sumber daya manusia yang ada didalamnya, “Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari Kedepan,” ujarnya.

Dia berharap, dengan adanya akreditasi ini kedepan bisa memicu dan memotivasi seluruh pegawai untuk bekerja lebih profesonal dalam melayani masyarakat.

Tampak hadir dalam acara tersebut Camat Lubai Ulu, Kapolsek, Danramil, seluruh kepala desa di wilayah Lubai Ulu, jajaran Puskesmas Sumber Mulya, tokoh masyarakat dan elemen masyarakat lainnya.

Selain itu hadir pula Supri Ahmadi, Kabid Yankes dan Nunung Rahmawati, Kasie Kesehatan Lingkungan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim.

Sementara tim Surveyer Akreditasi dari Jakarta terdiri dari, Drs Elon Sirait.Apt.MScPH (Ketua), Ros Idah Rohna Berutu.SKm.M Kes dan Dr R A. Muchtar.

(71)