SD Plus Marhas Bentuk Siswa Unggulan Dengan Kemah Pramukaan

Pewarta: Dwi Arifin S.Pd

Koran SINAR PAGI, Bandung,– Dalam upaya membentuk karakter siswa yang unggul, SD Plus Marhas Margahayu menyelenggrakan perkemahan jum’at sabtu (Perjusa). Dengan tema, “Kompak dan Disiplin Dalam Melatih Diri Menjadi Pramuka Islami Yang Mandiri”. Acara berlangsung tanggal 12-13 Oktober 2018 di tempat wisata Pakuhaji, Kota Cimahi.

Kepala SD Plus Marhas Margahayu, Sintayati Eka Putri menjelaskan, “kegiatan ini merupakan agenda di pertengahan semester. Dengan para peserta dari kelas 4 hingga 6. Untuk kelas 6 ini merupakan kegiatan terahir, karena mereka akan fokus TO untuk persiapan UN” Jelasnya kepada Jurnalis Jabaronline.com

Lebih lanjut Sinta memaparkan, perkemahan Pramuka diluar sekolah ini berisi pendidikan dengan target pembentukan karakter siswa mampu bersikap kerjasama, kompak, dan mandiri. Dan dari kegiatan ini siswa dapat lebih cinta dan bangga dengan Pramuka, sehingga mereka akan aktif kembali di SMPnya.

Semua orang tua mendukung kegiatan ini, siswa yang hadir 169 siswa. Bahkan ada orang tua siswa yang hadir, mengecek kelokasi atau menjemput langsung. Bagi siswa berkebutuhan khusus, mendapatkan pendampingan khusus dari panitia. Baik guru, tenaga pendidik, dan helper, semuanya total 35 orang untuk menjaga kenyamanan dan keamanan saat acara berlangsung.

Dalam pembiayaan kegiatan ini, kita sudah sepakati bersama diawal semester, melalui komite, orang tua siswa dan guru. Sehingga tidak ada orang tua yang keberatan. Dan pihak panitia jauh hari sebelumnya sudah memastikan tempat yang kita kunjungi aman bagi siswa.

Kegiatan ini sudah berlangsung dari tahun 2008, merupakan agenda kesiswaan dan internal kepramukaan SD Plus Marhas. Dan Pramuka SD Plus Marhas ini juga aktif diluar sekolah, kepramukaan tingkat kecamatan hingga kabupaten. Siswa yang ikut pramuka rata-rata kepribadiannya bagus dan hebat. Karena dibimbing oleh pembina yang terlatih dan memiliki sertifikat Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML). Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD).

Dan saya juga sebagai kepala sekolah, “dulu dimasa kanak-kanaknya aktif di Pramuka, dengan ikut pramuka karakter berani untuk mandiri dan bermasyarakat akan terbentuk. ”

(22)