Kabag Ops, Para Kasat dan Kapolsek di Lingkup Polres Prabumulih Diganti

Pewarta : Iwan Brata Darma

Koran SINAR PAGI, Prabumulih,– Sebanyak delapan orang perwira polisi di Lingkup Polres Prabumulih kembali mengalami pergeseran. Delapan perwira itu diantaranya, Kabag Ops, Kasat Reskrim, Kasat Lantas, Kasat Binmas, Kasat Narkoba, Kasat Shabara, Kapolsek Prabumulih Timur serta Kasubbagprogar Bagren.

Pergantian posisi 8 jabatan perwira itu diketahui setelah, surat keputusan Telegram Rahasia (TR) Nomor ST/1078/X/KEP/2018 dan nomor 1079 serta 1081 yang dikeluarkan Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara tertanggal 12 Oktober 2018.

Dalam TR tersebut, Kabag Ops Polres Prabumulih, Kompol Zai’an ZL dimutasikan jabatan barunya sebagai Kanit 1 Subdit 4 Dit Intelkam Polda Sumsel. Sedangkan jabatan lama Zaian akan digantikan oleh Kompol Agus Selamet yang sebelumnya menjabat Kasi Wasjaspam Subdit Binsatpam Polsus Ditbinmas Polda Sumsel.

Kemudian, jabatan Kasat Reskrim Polres Prabumulih yang selama ini dijabat oleh AKP Eryadi Yuswanto akan digantikan posisinya oleh AKP Abdul Rahman Untuk jabatan AKP Abdul Rahman sendiri sebagai Panit 1 Unit 3 Subdit 3 Ditreskrimsus Polda Sumsel akan diduduki oleh AKP Eryadi Yuswanto.

Selanjutnya, Kasat Lantas Polres Prabumulih, AKP Nofrizal Dwiyanto juga akan bergeser kedudukannya menjadi Paur Sibinsiskamling Subdit Binpolmas Dit Binmas Polda Sumsel dan akan digantikan oleh AKP Betty Purwanti yang sebelumya menjabat Paur 1 Subditpenmas Bidhumas Polda Sumsel. Lalu, jabatan Kasat Shabara Polres Prabumulih yang tadinya dijabat oleh AKP Toni Arman akan digantikan oleh AKP Ahmad Jauhari yang sebelumya menjabat Kapolsek Rambang Polres Muara Enim.

Sementara AKP Toni Arman akan bergeser jabatan barunya sebagai Kasat Shabara Polres Muara Enim. Sedangkan, untuk jabatan Kapolsek Rambang, akan diisi oleh Iptu Sutikto yang sebelumnya menjabat sebagai Kabubbag Proggar Bagren Polres Prabumulih.

Berikutnya, Kasat Binmas Polres Prabumulih, AKP Dedi Rahmad Hidayat dimutasikan sebagai Paur 3 Subbidpid Bidhumas Polda Sumsel dan jabatan lamanya akan diisi oleh Iptu Sri Djumiati yang sebelumnya menjabat Paurkes Bagsumda Polres Prabumulih.

Untuk jabatan Kasat Narkoba Polres Prabumulih yang tadinya dijabat AKP M Ali Asri akan digantikan posisinya oleh AKP Zon Prama yang sebelumnya menjabat Panot 1 Unit 1 Subdit 2 Ditresnarkoba Polda Sumsel. Sementara, Kasat Narkoba yang lama dipindahkan tugasnya menjadi Paur Sikowas Polsus Subdit Binsatpam Polsus Ditbinmas Polda Sumsel.

Dan terakhir, Kapolsek Prabumulih Timur, AKP Hernando mutasi ke Pamin 2 Subbidwabprof bidpropam polda sumsel dan jabatan ditinggal diisi AKP Alhadi Ajansyah yang sebelumnya panit 1 unit 1 subdit 1 Ditresnarkoba Polda Sumsel.

Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk membenarkan adanya mutasi jabatan delapan perwira di Polres Prabumulih tersebut. Menurutnya, pergeseran tersebut merupakan hal yang biasa dalam lingkup kepolisian.

“Betul, setelah kita terima TR dari Kapolda Sumsel, ada beberapa perwira kita mengalami pergeseran atau mutasi. Pergeseran untuk kebutuhan organisasi seperti ini sudah biasa sebagai penyegaran di jajaran kita. Tujuannya tentu untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan terhadap masyarakat,” tandasnya.

(95)