Destinasi Wisata Desa Cilumping Miliki Pesona Alam Menakjubkan

Pewarta : Eka H

Koran SINAR PAGI, Kabupaten Cilacap,- Destinasi Wisata Cilumping dengan kondisi geograpis wilayah utara Kabupaten Cilacap Jawa Tengah, tepatnya di Desa Cilumping Kecamatan Dayehluhur yang merupakan daerah pegunungan terbilang cukup mempesona wisatawan.

Keindahan alam yang patut dibanggakan di obyek wisata ini diantaranya, puncak Gunung Basma dengan pemandangannya yang elok, Gua sejarah peninggalan zaman Jepang dan pemandangan indah Curug Kembar dengan jarak tempuh yang cukup dekat, yakni sekitar 1 kilometer saja dari kantor Desa Cilumping, sehingga wisatawan bisa mencapainya dengan waktu singkat.

Salah satu pengunjung, Abdul Sodik yang berhasil diwawancarai www.koransinarpagijuara.com mengaku bangga daerahnya memiliki obyek wisata yang sangat indah tersebut.

“Sebagai warga Dayehluhur, saya sangat bangga didaerah sendiri mempunyai potensi wisata pegunungan dengan udara yang segar serta pemandangan hutan yang alami,” ucapnya.

Kopi Robusta, produksi Kelompok Tani Giri Rahayu Desa Cilumping, yang menjadi oleh – oleh khas daerah tersebut.

Disamping itu, selain menyajikan pemandangan indah, obyek wisata Cilumping juga memiliki oleh – oleh khas yaitu Kopi Cilumping yang diproduksi dan dikelola langsung oleh Kelompok Tani Giri Rahayu yang ada di Desa Cilumping.

Kopi tersebut merupakan hasil perkebunan kopi yang ditanam pada lahan seluas 180 H di Gunung Basma.

Kardi salah satu anggota kelompok tani sekaligus pengelola usaha Kopi Robusta Basma mengungkapkan, bahan baku kopi buatannya, merupakan hasil inovasi kelompok taninya, “Pemasaran kopi produksi kelompok tani kami masih belum maksimal, belum bisa menembus pasar luas, karena kami belum memiliki PIRT (Produk industri Rumah Tangga) disamping itu kami juga belum memiliki pasokan bahan baku yang maksimal,” ujarnya.

Dia berharap kedepan ada perhatian dari Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui dinas terkait dengan memberikan bantuan, baik berupa modal, penyuluhan, pemberian alat yang canggih dan memfasilitasi untuk pemasarannya, agar bisa menembus pasar yang lebih luas, sehingga tingkat kesejahteraan warga Desa Cilumping pun bisa terangkat, pungkasnya.

(180)