DPRD Surakarta Perkenalkan Sistem Aplikasi E-Notulen Kepada DPRD Medan

Pewarta : Ester

Koran SINAR PAGI, Korta Medan,- DPRD Kota Surakarta memperkenalkan penggunaan aplikasi tentang E-Notulen (Voice To Text), program pemanfaatan teknologi dalam menginformasikan kegiatan DPRD kepada Sekretariat dan wartawan DPRD Kota Medan yang melakukan kegiatan studi banding dalam pengelolaan informasi dan dokumentasi.

Dengan mengguna aplikasi tersebut selain lebih praktis juga mempermudah masyarakat untuk memperoleh informasi tentang seputaran anggaran yang dipergunakan. “Aplikasi E-Notulen (voice to text) ini sudah kami digunakan pada 2017,” ucap Sekwan DPRD Surakarta, Tri Puguh Setiadi didampingi Kasubag Humas Protokol DPRD Surakarta, Anita saat menerima kedatangan Kabag Persidangan dan Perundang-undangan DPRD Medan, Alida dan Kordinator Wartawan DPRD Medan, Jul Ardy Harahap bersama rombongan dalam pertemuan yang berlangsung dalam ruangan rapat di Kantor DPRD Kota Surakarta, Kamis (27/08).

Lebih lanjut Puguh menyatakan, selain meningkatkan program pendukung kegiatan di DPRD, pihaknya juga mengandeng para insan pers untuk memberitakan kegiatan yang ada di DPRD Kota Surakarta.

“Disini tidak ada pembatasan semua kegiatan harus diliput terlebih para anggota DPRD Surakarta sering turun kelapangan menindaklanjuti adanya pengaduan tentang layanan. Jadi kami sangat terbantu dengan kehadiran para insan pers,” ucapnya lagi.

Masih dalam pertemuan tersebut, Kabag Persidangan dan Perundang-undangan DPRD Medan, Alida didampingi Kasubag Humas Protokol Sekretariat DPRD Medan, Joni dan Kordinator Wartawan DPRD Medan, Jul Ardy Harahap, mengucapkan terimakasih atas sambutan dari pihak DPRD Surakarta serta informasi tentang aplikasi e-notulen juga sebagai alat kontrol bagi pembicara untuk berbicara secara sistematis dan bisa dipertanggungjawabkan.

“Kita juga akan mencoba menerapkan secara bertahap aplikasi lainnya seperti e-simleg, penataan arsip, TV smartphone, simardi, web view dan berbagai aplikasi lainnya yang bertujuan untuk mendukung pelaksanaan tugas sekretariat dalam meningkatkan kinerja DPRD. Semua itu telah diterapkan di DPRD Surakarta oleh sebab itu kita memilih study banding kesini,” ujarnya.

Pada pertemuan itu, Wibowo perwakilan jurnalis DPRD Surakarta yang turut menyambut kedatangan rombongan DPRD Medan, berbagi pengalaman dalam peliputan, dimana dengan adanya sistem aplikasi online sangat membantu para insan pers dalam pemberitaan.

“Dengan adanya aplikasi tersebut, kita bisa melihat langsung dilapangan sejauh mana program tersebut telah berjalan dalam meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Surakarta,” pungkasnya.

(121)