Wawalkot Medan Hadiri Acara Presentasi Sayembara Pendopo Lapangan Merdeka

Pewarta : Ester

Koran SINAR PAGI, Kota Medan,- Wakil Walikota Medan, H Akhyar Nasution membuka acara kegiatan Presentasi sayembara pembangunan Pandopo lapangan Merdeka Medan, Rabu (12/09) di Hotel Aston Medan.

Hadir pada acara tersebut, unsur FKPD kota Medan,Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Sumatera Utara Syahlan Zuhri Nasution, IAI, AA, ketua Ikatan Ahli Lingkungan (IALI) Sumatera Utara Usman ST, Kepala Dinas PKPPR Kota Medan, Sampurno pohan, para pimpinan OPD kota Medan, Camat, Pimpinan Organisasi Profesi, unsur Akademink, para dewan juri dan seluruh peserta sayembara.

Wakil Walikota, sangat mengapresiasi atas penyelenggaraan sayembara desain Pendopo Lapangan Merdeka ini, karena Lapangan Medeka pendoponya merupakan salah satu Lanmark kota Medan serta pusat kkegiatan bagi warga Medan.

“Kita mengharapkan kehadiran pendopo yang representatif baik dari sisi luas bangunannya, baik dari sisi rancangan desainnya hingga detail budaya yang akan disematkan pada bangunan pendopo ini nantinya akan menjadi identitas kota Medan secara keseluruhan,” ucapnya.

Bangunan desain Pendopo ini diharapkan bisa mengkombinasikan kondisi masa lalu dan masa depan, “Karena dulunya ( zaman Penjajah) sekitar Lapangan Merdeka ini merupkan pusat perekonomian dan begitu juga saat ini dan kedepannya tetap merupakan menjadi pusat perekonomian kota Medan.

Untuk itu, para peserta sayembara dapat menuangkan semua hal tersebut kedalam desain yang akan dipresentasekan. Bagi pemenang desain yang terpilih sebagai juara, agar hasilnya mengirimkan ke Pemko Medan melalaui Dinas Kawasan Perumahan Permukiman dan Penataan Ruang Pemko Medan.

Selain itu, kata Wakil Walikota, desain yang terpilih merupakan sebuah kebanggan bila akan diwujudkan dalam suatu bentuk bangunan yang akan disebut Pendopo Lapangan Merdeka.

Bangunan ini nantinya merupakan Landmarknya kota Medan karena kedepannya beberapa perencanaan kawasan Lapangan Merdeka akan pusat stasiun Kereta Api Trans Sumatera, dan Kedepannya diharapkan dengan diadakan sayembara desain ini agar warga Medan merasa memiliki kota ini karena turut dilibatkan dalam upaya pembangunan kota Medan.

Sebelumnya Kepala Dinas PKPPR, H Sampurno Pohan menyampaikan gagasan pembangunan Pendopo Lapangan Merdeka ini sudah menunjukkan suatu – satunya bangunan ruang terbuka hijau yang merupkan titik nol Kota Medan.

Ditambahkan, selain bangunan Pendopo juga akan dibangun seluruh sisi lapangan Merdeka sehingga Lapangan Merdeka tersebut dapat menggambarkan ciri khas kota Medan,” ujarnya.

(9)