Puskesmas Tanjung Raja Tuan Rumah Lomba Pelaksanaan IVA Test Tingkat Provinsi

Pewarta: Heri Kusnadi

Koran SINAR PAGI, Ogan Ilir,- Tim penilai dari Pemprov Sumsel, tengah melakukan verifikasi data pada perlombaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) atau Lomba Gerakan PKK Pokja IV tingkat Provinsi Sumatera Selatan, di Puskesmas Tanjung Raja,

Kecamatan Tanjung Raja dinilai dalam lomba Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) atau Lomba Gerakan PKK Pokja IV tingkat Provinsi Sumatera Selatan di 2018 Kecamatan Tanjung Raja kini telah berhak mewakili Kabupaten Ogan Ilir pada lomba ini, karena tingginya cakupan pelayananan IVA test di daerah tersebut dalam pencegahan sedini mungkin terhadap penyakit kanker serviks.

Dalam penilaian tersebut dilaksanakan langsung di Puskesmas Tanjung Raja , Kamis (05/09/18). Nampak dihadiri Ketua rombongan Sekda OI, Ketua TP-PKK Kecamatan, Tim Penilai Kelompok Kerja (Pokja) IV TP-PKK Provinsi, Erwin Sani Camat Tanjung Raja, Afrizal, Anggota DPRD OI Ahmad Yadi, Anggota DPRD OI, para kades, Kapolsek, Koramil dan para tokoh masyarakat berserta unsur terkait lainnya.

Hj.Nelly Anggia Murni mengatakan, lomba IVA test ini merupakan lanjutan hasil penilaian tingkat kabupaten Ogan Ilir, Puskesmas Tanjung Raja mewakili Ogan Ilir untuk mengikuti lomba IVA Test di tingkat Provinsi, Lomba IVA Test ini dalam rangka memberikan semangat serta motivasi bagi masyarakat khususnya kaum perempuan berusia 30-50 tahun untuk terus menjaga perilaku hidup sehat yang sasarnya untuk deteksi dini atau awal bagi pasangan Usia Subur.

Khususnya peduli terhadap kesehatan mulut rahim yang dimulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, kota, provinsi sampai nasional,”Jelasnya UPTD Nelly.

Ia nambahkan, faktor-faktor penyebab utama kanker serviks dikarenakan pola hidup yang salah. Antara lain seperti aktivitas seksual sebelum usia 20 tahun, berganti-ganti pasangan seksual, terpapar infeksi yang ditularkan secara seksual atau ibu atau kakak yang menderita kanker leher rahim serta merokok.

“Kami akan terus berupaya melakukan penyuluhan, sosialisasi dan menggerakan masyarakat untuk IVA tes ini. Sebagaimana Kader IVA test Se-Kecamatan Tanjung Raja Kita juga bangga dan bersyukur, antusias semua pihak cukup tinggi mendukung,” ucapnya.

Sementara itu Camat Tanjung Raja, Erwin Sani menyebutkan, semoga dengan adanya lomba pelaksanaan IVA Test ini yang dilakukan di puskesmas Tanjung Raja berharap bisa menjadi yang terbaik di tingkat Kota Kabupaten bahkan provinsi,

Pemerintah Kecamatan sangat mendukung semua elemen terkait yang mulai giat melakukan sosialisasi terkait pentingnya IVA test khususnya para ibu-ibu pasangan usia subur.

Ketua TP-PKK Kecamatan Tanjung Raja bersama para kader berharap, tenaga-tenaga kesehatan dan pakar-pakar medis serta pihak terkait lainnya untuk mensupport dan mensukseskan keaktifan pelaksanaan IVA Test ini,” tutupnya.

(29)