Kadispora KBB, “Olahraga Pererat Rasa Persatuan, Nasionalisme Dan Kebangsaan,”

Pewarta : Lina

Koran SINAR PAGI, Padalarang, KBB,– Masih dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT – RI) Ke- 73, Aria Production bekerjasama dengan Forum Negla Bersatu, Desa Tagog Apu Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), mengadakan gerak jalan kebangsaan, Minggu pagi (02/09/18) yang diikuti oleh ribuan peserta dari Padalarang, Ngamprah, dan sekitarnya, baik tua maupun muda.

Kegiatan gerak jalan tersebut dihadiri pula Kepala Dinas Pendidikan Dan Olahraga (Kadispora) KBB, Ade Sudiana, Kepala Desa Tagog Apu, Tata Apendi, Direktur Utama Aria Production Pamriadi dan beberapa tamu undangan lainnya.

Direktur Utama Aria Production mengaku sangat mengapresiasi kreativitas pemuda Tagog Apu yang tergabung dalam Forum Negla Bersatu. “Saya sangat mengaspreasi Kreatifitas para pemuda Desa Tagog Apu yang tergabung dalam Forum Negla Bersatu ini, dalam menumbuhkan rasa cita terhadap NKRI sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan terhadap para pejuang dan pahlawan bangsa yang telah gugur di medan perang,” ucapnya.

Dia menilai lomba gerak jalan tersebut sebagai kegiatan yang positif untuk menumbuhkan wawasan kebangsaan dan peningkatan kretivitas. “Saya berharap akan terjadi nilai-nilai nasionlisme dalam diri para peserta, semoga ini bisa menjadi pemersatu sekaligus sebagai contoh baik bagi para pemuda yang lainnya,” tutur Pamriadi dalam sambutannya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Dan Olahraga (Kadispora) KBB, Ade Sudiana, yang hadir mewakili Pj.Bupati Bandung Barat, H.Dadang Masoem mengatakan, “Menindak lanjuti Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Kementerian Pemuda dan Olahraga telah secara resmi meluncurkan gerakan “Ayo Olahraga”, katanya.

Menurutnya dengan berolahraga akan menguatkan nilai-nilai sportivitas, persaudaraan dan kerja sama, fair play serta rasa saling menghargai dan menghormati. “Inilah nilai-nilai yang ada dalam olahraga yang akan mempererat rasa persatuan dan kebangsaan kita, sehingga kesemuanya selaras dengan program pemerintah tentang “Revolusi Mental,” katanya lagi.

Banyak yang bisa dipetik dari gerak jalan ini untuk mengajarkan kedisiplinan, solidaritas serta kekompakkan kepada pelajar maupun pesertanya, tambahnya.

Disamping itu, kata dia lagi, olahraga juga dapat menyegarkan kembali kondisi jasmani dari segala aktifitas yang kita laksanakan dan dapat meminimalisir masuknya penyakit kedalam tubuh. Sehingga, tepatlah apa yang dikatakan para ahli : “Mensana in corpore sano”, yang berarti bahwa “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat,” tutur Ade Sudiana.

Acara gerak jalan jadi semakin meriah saat panitia membagikan door prize berupa, sepeda gunung, TV, kompor gas, dispenser dan hadiah – hadiah hiburan lainnya, selain itu, dalam acara yang digelar sejak pagi itu, dimeriahkan juga dengan hiburan Tari Jaipongan, Senam Indonesia, dan Musik Dangdut.

Kendati sinar matahari terasa cukup menyengat, namun hal ini tidak menurunkan semangat dan antusias para peserta gerak jalan untuk tetap mengikuti acara hingga selesai.

(15)