Disdukcapil OI Adakan Sosialisasi “GISA”

Pewarta: Heri Kusnadi

Koran SINAR PAGI, Ogan Ilir,– Dalam rangka Sosialisasi kebijakan Kependudukan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) Mulai dari Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta perkawinan, surat pindah dan KTP elektronik.

Sosialisasi ini dihadiri oleh seluruh kades, UPTD puskesmas, UPTD Dikbud dan Kepala KUA Kecamatan Tanjung Raja, Rantau Panjang, Sungai Pinang, Kadis Rantau Alai, diaula Kecamatan Tanjung Raja, Selasa (28/08/18).

Menurut Kadis Kependudukan Dan Pencatatan Sipil, Akhmad, sosialisasi yang diadakan tersebut agar masyarakat mengetahui betapa pentingnya dokumen – dokumen kependudukan, apalagi sudah keluar versi tujuh sesuai dengan Permendagri Nomor 118 Tahun 2017 Tentang blangko kartu keluarga registrasi dan kutipan Akta pencatatan sipil, yang sudah keluar itu.

Lanjutnya, untuk pembuatan kartu keluarga(KK) yang baru masyarakat diwajibkan melampirkan fotocopy Akta Nikah yang telah dilegalisir oleh instansi yang mengeluarkannya, untuk menjaga keabsahan mereka itu sendiri dan langsung dimasukkan data nomor buku nikah dan tanggal lahir sesuai dengan yang tertera pada buku nikah itu.

“Pada kolom yang baru itu statusnya kawin tercatat, ketika masyarakat tidak bisa menunjukkan buku nikah kami tidak bisa mengentri nomor dan tanggal itu disistem itu otomatis keluar belum atau pernikahan tidak tercatat.” ungkap lutfi

(45)