Bupati OI, Ilyas Panji Alam Buka Lomba Perahu Bidar Tanjung Raja

Pewarta: Heri Kusnadi

Koran SINAR PAGI Ogan Ilir,- Bupati OI HM Ilyas Panji Alam MM, Sabtu pagi (25/08/18) membuka lomba “Kenceran” atau yang lebih dikenal dengan perahu bidar tradisional masyarakat setempat. Kegiatan yang dilaksanakan di Sungai Ogan Tanjung Raja mendapatkan sambutan yang meriah dari masyarakat, hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat yang tumpah ruah menyaksikan perlombaan tersebut.

Dalam sambutannya Bupati OI HM Ilyas Panji Alam MM mengatakan sangat mengapresiasi dengan kegiatan lomba bidar tradisional ini, pasalnya dapat menjaring atlet yang ada di Bumi Caram Seguguk,” ucapnya dihadapan ratusan masyarakat yang menyaksikan kegiatan ini.

Selain mengapresiasi orang nomor satu di OI ini juga mendorong agar kegiatan ini “terus dilaksanakan dimasa mendatang untuk melestarikan budaya lokal dan menarik wisatawan agar berkunjung ke Bumi Caram Seguguk,” tukasnya sembari berpesan kepada para peserta agar berlomba secara sportif.

Sementara Nazarudin Ketua Panitia Pelaksana mengatakan kegiatan memperebutkan Piala Bupati OI HM Ilyas Panji Alam dengan total hadiah utama satu ekor sapi dan uang pembinaan jutaan rupiah.

“Juara I mendapatkan satu ekor Sapi dan uang pembinaan Rp.2 juta, juara II, 3 ekor kambing dan uang Rp.2 Juta, juara ke III, dua ekor kambing uang Rp.2 juta, sedangkan juara harapan I mendapatkan Uang sebesar Rp.1juta rupiah,”pungkasnya.

Kegiatan lombah perahu Bidar Tanjung Raja yang diadakan setiap tahun pada momen semarak HUT RI ,Memang ditunggu masyarakat sebagai totontan serta hiburan rakyat warga perairan sungai ogan kabupaten Ogan Ilir.

Seperti yang diungkapkan Amir Hamzah angota DPRD OI Fraksi PDIP “Setiap ada Reses didaerah warga selalu mengusulkan supaya Lombah Perahu Bidar diadakan di sungai ogan Kabupaten Ogan Ilir “, katanya.

(88)