Sambut HUT RI Dan HUT TNI KE 73 Kodim 0617 /Majalengka Gelar Lomba Tari Kreasi Daerah

Pewarta : Abi Cris

Koran SINAR PAGI, Majalengka,- Dalam rangka menyambut HUT RI ke 73 tahun dan Cegah Tangkal Radikalisme, Kodim 0617/Majalengka menggelar kegiatan Komsos kreatif TA 2018 melalui Kemanunggalan TNI – Rakyat, Senin (13/08/18).

Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 (tiga) hari, mulai Senin, 13 agustus 2018 dengan dilaksanakannya Technical meeting dilanjutkan Selasa 14 Agustus 2018 pelaksanaan perlombaan tari kreasi daerah kriteria tunggal dan kriteria kelompok bertempat di Aula Makodim 0617/Majalengka dan pada Rabu 15 Agustus 2018, dilaksanaan  lomba Melukis Tingkat SLTA.

Lomba Tari kreasi daerah dan Lomba Melukis tersebut diikuti 17 Koramil Jajaran Kodim 0617/Majalengka dengan jumlah peserta dan pendukung 496 orang siswa dan siswi tingkat SLTA.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0617/Majalengka Letkol Arm Novi Herdian, Kasdim 0617/Majalengka, Para Danramil Dim 0617/Majalengka, Para Pasi Dim 0617/Majalengka, Kadis Pendidikan Kabupaten Majalengka, Kadis Parbud Kabupaten Majalengka, Tim Juri dari Dis Parbud dan Tim Juri dari Perupka Kabupaten Majalengka.

Komandan Distrik Militer (Kodim) 0617/Majalengka Letkol Arm Novi Herdian, melalui Peltu Bajuri mengatakan, budaya daerah seperti tari daerah saat ini sudah ditinggalkan masyarakat, mereka lebih menyukai budaya barat, semisal, hip hop dari Korea.

“Kegiatan ini sebagai upaya untuk membangkitkan minat anak terhadap budaya daerah, pasalnya, budaya mempunyai peran penting dalam mempersatukan NKRI,” ungkapnya.

Dirinya berharap, generasi penerus terutama pelajar mampu menjaga dan melestarikan budaya daerah sebagai ciri khas bangsa Indonesia, terlebih, tari daerah sebagai bagian dari komoditi wisata daerah khususnya di Tasikmalaya sebagai warna daerah.

Untuk itu, kata dia, seluruh lapisan masyarakat harus terus melestarikan seni tari daerah dengan tetap menanamkan kecintaan budaya kepada anak-anak kita.

“Mari kita merangsang lagi kecintaan kita terhadap budaya lokal daerah agar tidak hilang dan punah akibat pengaruh budaya luar,” pungkasnya.

Kegiatan selesai pada pukul 15.00 Wib dan dilanjutkan penyerahan hadiah oleh Dandim 0617/Majalengka kepada para pemenang lomba Tari kreasi daerah kriteria tunggal dan pemenang lomba Tari Kreasi daerah kriteria kelompok.

(8)