Nguri – Nguri Kebudayaan Agar Tetap Ayem Tentrem Mulyo Lan Tinoto

Pewarta : Alex

Koran SINAR PAGI, Kabupaten Tulungagung,- Warga Tamanan Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung tampak sangat antusias mengikuti acara rutin tahunan Nguri – Nguri Kebudayaan Jawa.

Acara yang mengusung tema “Dengan Semamgat Guyub Rukun, Akan Tercipta Warga Tamanan Yang Ayem Tentrem Mulyo Lan Tinoto” ini diisi dengan Yasinan dan tahlil bersama, tilik kubur serta bersih desa.

Masyarakat Tamanan memandang penting untuk menggelar acara yang sudah secara turun temurun dilaksanakan tersebut sebagai upaya mengenang, menjaga dan melestarikan warisan leluhur dengan tujuan agar bahagia lahir bathin, dunia akhirat Ayem Tentrem Mulyo Lan Tinoto.

Warga Tamanan, antusias laksanakan nguri – nguri budaya

Seperti dikatakan Bu Ning, Lurah Tamanan, “Kita harus merayakan acara ini setiap tahunnya untuk nguri – nguri kebudayaan jawa dan wargapun dengan senang hati melaksanakannya, terbukti masing – masing RT/RW banyak menyediakan tumpeng untuk memeriahkan nguri – nguri ini,” ucapnya.

Nguri-nguri sendiri dalam budaya Jawa sering dikaitkan dengan merawat tradisi atau segala bentuk kebudayaan (Jawa), atau bisa diartikan sebagai kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menjaga warisan leluhur Jawa yang dikemas dalam tata cara dan nilai-nilai Jawa.

Nguri-nguri juga merupakan cara bagi orang Jawa untuk melestarikan keseluruhan ilmu yang telah ada dan diturunkan oleh leluhurnya, termasuk didalamnya tradisi tata cara bergotong – royong, berdoa maupun menghormati leluhur, seluruhnya dilakukan untuk melestarikan kebudayaan asal.

(88)