Realisasikan Padat Karya Tunai Desa Jagaraja, Memicu Partisipasi Kaum Wanita

Pewarta: Heri Kusnadi

Koran SINAR PAGI, Ogan Ilir,- Menarik, kaum wanita ternyata mampu berpartisipasi dalam merealisasikan program Padat Karya Tunai Desa Jagaraja, Rantau Panjang, Kabupaten Ogan Ilir.

Seperti diungkapkan Kepala Desa Jagaraja Nasianto, kaum wanita turut berpartisipasi mulai dari mengangkut batu, pasir dan semen yang akan dipergunakan oleh tukang yang juga terdiri dari para suami dan bapak dari kaum wanita tersebut, dalam membangun ris bata sepanjang 500 meter, untuk penahan tebing jalan desa, supaya tidak longsor, katanya.

Tak kurang dari 30 orang pekerja terlibat dalam pembangunan ris batu bata tersebut . tua – muda, petani, buruh, sampai pencari belut turut serta berpartisipasi membangun desanya dalam program padat karya tunai (PKT).

“Program PKT yang kian digalakkan ini memantik warga untuk terjun langsung berpartisipasi dalam pembangunan desa,” ucap Nasianto.

Dia berharap dengan program PKT ini masyarakat mendapat income langsung dan terjadi perputaran ekonomi didesanya.

“Pemanfaatan jalan tani ini bakal menjangkau hingga 129 KK, dilakukan dengan swakelola dan melibatkan masyarakat warga sekitar yang masuk kategori miskin dan buruh,” tandasnya.

(33)