Festival Seni Budaya Tradisional Digelar Di Pantai Barat Pangandaran

Pewarta : Herry

Koran SINAR PAGI, Pangandaran,- Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Jawa Barat, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran dan Paguyuban Pemandu Wisata Pangandaran menggelar, Festival Seni Budaya Pangandaran, bertempat di Panggung terbuka Pantai Barat Pangandaran, Sabtu 4 Agustus 2018.

Kegiatan yang dibuka oleh Asda III Pangandaran, Suheryana dan dihadiri Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Jawa Barat, jajaran pejabat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran serta tamu undangan lainnya.

Kabid Kebudayaan Disparbud Kabupaten Pangandaran, Aceng Hasim, selaku ketua penyelenggara menyampaikan, selamat datang kepada Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Jawa Barat di Kabupaten Pangandaran.

Saat ini, lanjut Aceng, Disparbud sedang menyelesaikan pokok-pokok pikiran terkait pengembangan pariwisata dan kebudayaan di Kabupaten Pangandaran.

“Alhamdulillah sudah rampung. Tinggal ditandatangani Pak Bupati dan segera disampaikan ke Disparbud Provinsi Jawa Barat,” ungkapnya.

Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Jawa Barat, Jumhari, dalam sambutannya mengatakan, Jawa Barat selain kaya wisata alam juga kaya akan budaya.

Sesuai undang-undang, lanjutnya, setiap Pemerintah daerah, harus menyiapkan pokok-pokok Pikiran Kebudayaan Daerah. Nantinya akan menjadi acuan dalam kriteria penerima dana alokasi kebudayaan.

“Dan terimakasih Kabupaten Pangandaran telah rampung menyusun PPKD,” ujarnya.

Sementara Asda III Kabupaten Pangandaran, Suheryana dalam sambutannya mengapresiasi Disparbud Kabupaten Pangandaran, yang kinerjanya jauh lebih baik.

“Pariwisata tentu tak dapat lepas dari budaya. Dinas terkait tentu harus lebih kreatif karena persaingan di sektor pariwisata dengan daerah lainnya,”

Suheryana berharap, akan semakin banyak digelar event dan kegiatan seni dan budaya, sebagai upaya pemberdayaan seniman dan pelestarian budaya yang tentunya akan menunjang sektor pariwisata di Kabupaten Pangandan.

(13)