Wali Kota Medan Terima Kunjungan Delegasi Kota Putian Negara Tiongkok

Pewarta : Ester

Koran SINAR PAGI, Kota Medan,- Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin menerima Delegasi Kota Putian Negara Tiongkok di Rumah Dinas Wali Kota, Jalan Sudirman, Rabu (01/08). Kehadiran Delegasi Kota Putian ini selain bersilaturahmi juga untuk menjajaki kerja sama antara Kota Medan dan Kota Putian di bidang Pendidikan dan Pariwisata.

Rombongan Delegasi yang dipimpin Wakil Sekretaris Daerah Kota Putian, Xie Jenbing didampingi Wakil Ketua Urusan Luar Negeri, Xue Zhiyuan dan Kepala Kepariwisataan Kota Putian, Huang Homin serta Kepala Pendidikan Kota Putian, He Lixian menjelaskan bahwa kedatangannya ke ibu Kota Provinsi Sumatera Utara ini sebagai kunjungan balasan sebab pada tahun 2016 Pejabat Kota Medan melakukan kunjungan ke Kota Putian.

“Dalam kunjungan ini kami berkeinginan untuk melanjutkan penjajakan kerja sama antara Kota Putian dan Kota Medan di bidang Pendidikan dan Pariwisata. Sebab kami menilai kedua bidang ini di masing – masing kota memiliki potensi sehingga bila dikerjasamakan maka akan berdampak baik bagi kedua Kota”, jelasnya.

Menurut Xie Jenbing, Kota Medan merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia dan telah banyak bekerja sama dengan kota – kota di negara lain, tentu kami melihat potensi ini dan berkeinginan bekerja sama untuk membangun kedua Kota.

“Kerja sama ini nantinya akan kita wujudkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) yang akan ditandai oleh masing – masing Wali Kota. Untuk itu kami mengundang Bapak Wali Kota Medan untuk datang ke Kota Putian guna melihat kota kami sekaligus melakukan penandatanganan MoU kerjasama”, jelasnya.

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin didampingi Asisten Umum Ikhwan Habibi Daulay dan Kadis Sosial, Endar Sutan Lubis, menyambut baik kehadiran Delegasi Kota Putian Negara Tiongkok. Terlebih kunjungan ini untuk menjajaki kerja sama diantara kedua Kota. Saat ini, dijelaskan Wali Kota, Medan telah menjalin kerja sama dengan kota – kota di negara lain, bentuk kerjasama ini kami jadikan sebagai Sister City, dimana kerja sama telah terjalin di segala bidang.

“Pemerintah Kota Medan menyambut baik Kerja sama ini, akan tetapi sebelum melakukan MoU sebaiknya Kota Putin harus memahami dan menyamakan Visi dan Misi Kota Medan dengan Kota Putian begitu juga sebaliknya. Hal ini perlu dilakukan sebab merupakan landasan dasar kerjasama. Artinya jika visi misi sudah selaras, maka kerjasama diantara kedua Kota akan berjalan lancar”, kata Wali Kota.

Selanjutnya Wali Kota Medan meminta Delegasi Kota Putian dapat menjajaki kerja sama ini dengan Stakeholder yang terkait. Diharapkan kerjasama ini akan meningkatkan pembangunan dan berdampak baik di kedua Kota. Pertemuan ini ditutup dengan pemberian cenderamata oleh Wali Kota Medan kepada Wakil Sekda Kota Putian.

(5)