DKPKP Pangandaran Gagas KRPL Untuk Kelompok Tani Wanita

Pewarta : Herry

Koran SINAR PAGI, Pangandaran,- Ini merupakan kabar baik bagi kelompok tani wanita. Dinas Kelautan Perikanan dan Ketahanan Pangan (DKPKP) Kabupaten Pangandaran saat ini tengah menggagas Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Kelautan Perikanan dan Ketahanan Pangan Rusyana mengatakan, KRPL akan dilakukan di 10 Kecamatan.

“Program KRPL akan dilaksanakan oleh kelompok tani wanita,” kata Rusyana.

Rusyana menambahkan, untuk kelompok tani wanita yang melaksanakan KRPL akan diberikan bantuan uang Rp 4 juta per kelompok, berupa barang.

“Anggaran tersebut dari APBD Kabupaten Pangandaran senilai Rp40 juta pada anggaran tahun 2018,” tambahnya.

Barang yang diberikan, lanjut Rusyana, di antaranya bibit cengek (cabe rawit), bibit kangkung, bibit bayam, bibit pakcoy, bibit pagoda, hand sprayer 1 buah dan pupuk kandang.

“Kegiatan KRPL akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2018. Hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya pemanfaatan lahan pekarangan rumah warga,” jelasnya.

Sisi lain dari pemanfaatan lahan rumah warga, kata dia, yakni agar ibu-ibu rumah tangga tidak kebingungan dikala akan memasak.

Selain itu, KRPL juga bisa dijadikan ajang pembelajaran kepada anak-anak khususnya balita untuk lebih mengenal tanaman lokal.

(4)