Pj.Bupati Bandung Barat Canangkan Gerakan Sholat Subuh Berjamaah

Pewarta : Lina

Koran SINAR PAGI, Kab.Bandung Barat,- Pemkab Bandung Barat berupaya menggiatkan gerakan shalat subuh berjamaah di masjid, Langkah ini dilakukan sebagai bagian dari upaya peningkatan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, seperti yang dituangkan dalam Instruksi Bupati Nomor 3 tahun 2016 ini ditujukan kepada perangkat daerah mauput aparat pemerintah pusat yang ada di daerah.

Perangkat daerah menjadi tim penggerak bagi umat Islam agar melaksanakan shalat subuh berjamaah di masjid. Selain shalat subuh juga berupaya melakukan shalat lima waktu lainnya secara berjamaah di masjid.

Bupati Bandung Barat, H Dadang M Masoem mengungkapkan, “Sholat subuh berjamaah dimasjid ini, bukan semata-mata menjalankan perintah Allah SWT, Langkah ini merupakan bagian dari ikhtiar Pemkab.Bandung Barat yang bersumber dari nilai keislaman di Kabupaten Bandung Barat. Titik tumbuhnya pada kinerja aparat dan dukungan dari semua pihak untuk menghidupkan kembali sosial keagamaan dan adat budaya di KBB.

“Sholat subuh berjamaah di masjid ini merupakan kewajiban kita sebagai seorang Muslim, sudah jelas perintah Allah SWT kepada kita sebagai seorang Muslim untuk menunaikan ibadah sholat. Tidak hanya subuh, tapi sholat lima waktu terutama untuk para pria sholat berjamaahnya di masjid,”ucapnya.

Gerakan shalat subuh berjamaah ini rencananya akan dilaksanakan setiap hari Jumat di Mesjid Agunga Ash-Shidiq yang berada di perkantoran Pemerintahan Kab.Bandung Barat.

“Pemkab hanya berperan dalam membangun regulasi, menciptakan iklim kondusif, dan memfasilitasi dalam upaya kebersamaan, tapi kita ingin ini jadi momentum awal,” ungkap Dadang.

Menurut Dadang, “Melaksanakan sholat Subuh berjamaah di masjid ini sesuatu yang tidak mudah, kecuali kita punya kemauan besar, niat yang baik, dan keinginan yang keras. Jangan hanya karena ada himbauan Bupati saja, sehingga terkesan ini ditujukan kepada Bupati atau karena himbauan Bupati. Tujukan dan niatkan untuk Allah SWT sebagai penghambaan dan rasa syukur kita pada sang Pencipta,” tegasnya.

Sebagai rasa syukur tersebut, lanjutnya, kita diwajibkan untuk menjalankan seluruh perintah dan menjauhi segala larangannya, ujar Bupati Dadang M. Masoem, seraya berharap lewat pencanangan gerakan sholat subuh berjamaah itu, kedepannya ASN di lingkungan pemerintahan Kab. Bandung Barat untuk turut berpastisipasi dalam melaksanakan sholat subuh berjamaah, jaminannya syurga dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Diakui Dadang, di hari pertama ini ASN yang hadir masih belum maksimal, ia berharap pada kesempatan berikutnya ASN yang hadir akan memenuhi syap di Masjid Agung Ash-Shidiq yang menjadi kebanggaan Pemkab Bandung Barat sebagai kenang – kenangan dari perjuangan Bupati H Abubakar.

“Terima kasih kepada jamaah yang hadir dan telah mendukung program ini, hakikatnya program ini bukan hanya kegiatan pemerintah daerah, namun juga kegiatan kita bersama dan tentu saja ini bukan sekedar seremonial semata,” tuturnya mengakhiri wawancara.

Usai Sholat Subuh berjamaah, Pj.Bupati KBB ini langsung melakukan olahraga Jum’at pagi bersama di lapangan Plaza Mekar Sari yang lokasinya masih dilingkungan pemerintah Kabupaten Bandung Barat.

(21)