Hadirkan Pakar Hukum Agraria, DPRD Kota Medan Bahas Peraturan Terkait Hak Milik Tanah

Pewarta : Ester

Koran SINAR PAGI, Kota Medan,- Guna memberikan informasi peraturan perundang-undangan terkait agraria kepada masyarakat luas, Sekretariat DPRD Medan menyelenggarakan Seminar sehari Kepastian Hukum Atas Alas Hak Tanah Yang Dimiliki masyarakat di Hotel Garuda Plaza, Kota Medan, Senin (23/7/2018).

Dalam seminar tersebut menghadirkan pakar hukum agraria, Prof Dr.Syafruddin Kalo,SH.,M.Hum., Kepala BPN Medan Fachrul Husin Nasution, Notaris Dr.Supryaitno SH.MKn dan Ketua Komisi I DPRD Kota Medan Andi Lumban Gaol.

Ketua Pelaksana Yuslizar Usman mengungkapkan, tujuan dilaksanakan kegiatan itu untuk memberikan informasi peraturan perundang-undangan terkait agraria, serta pendaftaran tanah dan prosedurnya. Selain itu, kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Kota Medan untuk mendaftarkan tanahnya sesuai dengan peraturan-peraturan pemerintah.

“Meningkatkan kesadaran masyarakat Kota Medan atas kepastian hukum atas hak tanah yang dimiliknya,” ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Medan, Burhanuddin Sitepu mengungkapkan, seminar tersebut sangat dinantikan oleh masyarakat, mengingat, persoalan tanah sangat banyak dikeluhkan oleh masyarakat yang ada disekitaran Kota Medan.

“Banyak masukan dari masyarakat terkait sebidang tanah namun memiliki tiga alas hak kepemilikan atas objek yang sama. Dengan dihadirkannya pakar hukum agraria di seminar ini diharapkan dapat memberi solusi,” katanya.

Ketua Komisi I DPRD Kota Medan Andi Lumban Gaol mengatakan, “Banyak aduan masyarakat yang masuk ke Komisi A. Namun kami memiliki keterbatasan dalam menyelesaikan persoalan tanah yang mereka hadapi,” ungkap Andi.

Tampak hadir dalam seminar yang dibuka oleh Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution itu, Wakil Ketua DPRD Medan Iswandan Nanda Ramli, Herri Zulkarnain, Mulia Asri Rambe, Hendra DS, Paul Mei Anton Simanjuntak, Parlaungan Simangunsong, M Nasir, Ahmad Arif, Anton Panggabean, Sabar Syamsurya, Daniel Pinem, Wong Chun Sen Tarigan, Surianto, Boido HK Panjaitan, Asmui Lubis, Zulkarnain Yusuf, Hamidah, Proklamasi dan lainnya.

(13)