Pertubuhan Penduduk Tinggi, Ini Upaya TNI Kodim Sumedang Mengatasinya

Pewarta : Jeky

Koran SINAR PAGI, Sumedang,– Melalui kerjasama dengan beberapa instansi diantaranya, PLKB,Puskesmas Kecamatan Paseh. Koramil 1007 Conggeang Sumedang Jawa Barat memotori kegiatan bakti sosial berupa, pelayanan KB kesehatan TNI di Desa Paseh Kidul Kec Paseh Kabupaten Sumedang, Kamis (12/07/18).

Acara yang digelar di Mako Koramil Perwakilan Paseh itu dihadiri oleh beberapa pejabat terkait diantaranya Kasdim 0610 Sumedang Mayor (inf) Anang Pramudyanto, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Sumedang Nasam, Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang Emay Kusmayati, serta Camat Paseh Nandang Suparman, Kapolsek Paseh Paseh AKP Kurnia, Danramil 1007 Conggeang Kapten (inf) Ahmad Farikhin dan juga perwakilan anggota Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang XXI Kodim Sumedang.

Di kegiatan ini, dilakukan pelayanan terhadap 50 pasien yang rata – rata menggunakan IUD dan implan. Dandim 0610/Smd Letkol arm I Made Nertha Yasa melalui Danramil Conggeang Kapten (inf) Ahmad Farikhin menyampaikan,

“Masalah kependudukan yang dihadapi di Jawa Barat khususnya Kabupaten Sumedang saat ini adalah masih tingginya tingkat pertumbuhan penduduk,sehingga tuntutan pelayanan dan perawatan kesehatan yang layak dan memadai bagi masyarakat semakin meningkat”, ujarnya.

Oleh karena itu lanjutnya, pemerintah bersama segenap komponen masyarakat termasuk TNI mengadakan berbagai program, antara lain TNI manunggal KB-Kesehatan terpadu yang merupakan kesepakatan bersama dengan BKKBN, terang Farikhin.

Dikesempatan itu, TNI khususnya kodim 0610 Sumedang mengajak kepada seluruh komponen bangsa didaerah ini untuk ikut serta mensukseskan program Bhakti sosial TNI Manunggal KB-Kesehatan terpadu.

Diterangkan jika kegiatan ini rutin diadakan setiap tahun, juga merupakan suatu upaya TNI dalam membantu pemerintah melaksanakan program menuju masyarakat sehat,bahagia dan sejahtera.

“Program KB sangat erat kaitannya dalam mengendalikan pertumbuhan penduduk dan tentunya untuk mewujudkan sebuah cita cita yaitu keluarga kecil sejahtera”, pungkas Danramil Conggeang dilokasi.

(24)