Lomba Cipta Menu B2SA Berbasis Sumber Daya Lokal Tingkat Kabupaten Majalengka 2018

Pewarta : Abi Cris

Koran SINAR PAGI, Majalengka,- Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman) Berbasis Sumber Daya Lokal dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman setiap individu dalam menerapkan konsumsi B2SA khususnya ibu rumah tangga yang bertanggungjawab dalam menentukan dan menyediakan menu keluarga.

Kegiatan B2SA tingkat Kabupaten Majalengka tahun 2018 di buka dan diresmikan langsung oleh Bupati Majalengka H. Sutrisno dan dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Majalengka Hj.Imas Indrawati, Sekretaris Daerah H.Ahmad Sodikin, tim penggerak PKK Kecamatan se kabupaten Majalengka dan para peserta lomba Cipta Menu B2SA se Kabupaten Majalengka, Kegiatan B2SA digelar di Aula SKB Majalengka, Selasa (03/07/18)

Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Majalengka Hj.Imas Indrawati, menyampaikan, “Tujuan utama diadakan lomba cipta menu B2SA Etnik Khas Jawa Barat dengan bahan baku buah-buahan dan sayuran ini adalah untuk membudayakan pengolahan pangan lokal dengan memperhatikan unsur B2SA yang memenuhi unsur karbohidrat, protein, maupun vitamin & mineral dalam menu makanan sehari-hari masyarakat Kabupaten Majalengka, ungkapnya.

Melalui lomba ini diharapkan masyarakat khususnya peserta lomba dapat berkreasi menciptakan/mengembangkan resep yang beragam, bergizi seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal serta dapat diterapkan sebagai menu keluarga sehari-hari. Resep perlu dimodifikasi agar putra/putri kita tidak bosan dan menarik minat penyuka makanan berbasis karbohidrat.

“Menu sehat tidak perlu mahal, dan bahan bisa didapatkan dari hasil tanaman di lahan pekarangan kita, seperti kangkung, bayam, cabe, ayam, lele, pepaya, ubi, jagung dan lain-lain apabila diolah secara kreatif akan menghasilkan makanan yang enak dan bisa menghemat pengeluaran keluarga,” ucapnya.

Tema Lomba Cipta Menu B2SA Berbasis Sumber Daya Lokal ini adalah Menyajikan kreasi menu keluarga yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal, dapat diterapkan sebagai menu keluarga sehari-hari, menggunakan bahan pangan yang mudah diperoleh di sekitar kita.

“Dalam penyusunan menu harus memperhitungkan kebutuhan konsumsi pangan anggota keluarga (porsi) sesuai dengan Pedoman Gizi seimbang.” tutur Ketua tim penggerak PKK Hj.Imas Indrawati.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Majalengka H.Sutrisno mengatakan, “Lomba Cipta ini diinisiasi oleh Dinas Pangan bekerjasama dengan TP PKK Kabupaten Majalengka, tujuan dari LCM B2SA tersebut, untuk Meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA, Meningkatkan pemahaman peserta/masyarakat dalam penerapan prinsip B2SA, Mendorong dan meningkatkan kreatifitas masyarakat dalam mengembangkan atau menciptakan menu B2SA berbasis sumber daya lokal, jelasnya.

Kegiatan ini juga sebagai evaluasi kepemerintahan Kabupaten Majalengka, sampai berapa jauh tim penggerak PKK dari Kabupaten sampai dengan ke desa ini mampu melawan kreativitas inovasi memanfaatkan orang banyak melalui kreativitas, variasi makanan yang ada di daerah masing-masing, supaya tidak menggantungkan terus pada makanan nasi atau beras,” ujarnya.

“Dengan bahan hasil pertanian kita, kita olah sedemikian rupa menjadi makanan untuk dapat dinikmati oleh orang banyak karena manfaatnya juga banyak terlebih bermanfaat bagi kesehatan dan ini akan di buru oleh masyarakat, apalagi dengan hadirnya BIJB akan banyak wisatawan, investor datang ke Majalengka, kita pasarkan pada mereka dan Mudah-mudahan mereka tertarik sehingga terjalinlah kerjasama dalam meningkatkan B2SA ini.” kata Bupati Sutrisno.

(48)