KPU OKI Lipat dan Sortir Surat Suara Pilbup

Pewarta : adi/fitry
Koran SINAR PAGI, OKI

KPU Kabupaten OKI melakukan pelipatan dan sortir surat suara untuk pemilihan bupati dan wakil bupati OKI.

Kegiatan tersebut yang melibatkan sekitar puluhan staf sekretariat juga tenaga pendukung di lingkungan KPU setempat, Kamis (24/5).

Menurutnketerangan Ketua KPU OKI, Dedi Irawan SIP MSi melalui Divisi Keuangan, Umum dan Logistik, Idham Halik SE, Adapun jumlah surat suara yang dilipat dan disortir sebanyak 491.667 lembar surat suara dari Data pemilih tetap (DPT)+ 2,5 persen.

Surat suara yang ditemukan rusak dalam penyortiran dan pelipatan, seperti sobek, bolong dan warnanya yang kurang jelas atau rusak seperti ada beberapa yang tadi ditemukan, maka akan dilaporkan ke percetakan untuk segera diganti.

Dikatakannya, dari total surat suara sebanyak 491.667 lembar dibagi dalam 245 kotak dengan asumsi per kotak berisi 2.000 surat suara.

Sedangkan soal kompensasi pelipatan surat suara itu sendiri, diberikan sebesar Rp75 per lembar dan setelah pelipatan selesai selanjutnya surat suara tersebut akan di Packing atau dimasukan ke kotak suara.

“Kita berharap proses pelipatan ini dapat selesai tepat waktu yang di inginkan dan semoga tidak banyak ditemukan surat suara yang rusak,

(11)