Sosialisasi TP4D, Kejari Ogan Ilir Siap Kawal Pemerintah Dan pembangunan

Pewarta : adi/fitry

Koran SINAR PAGI, Ogan Ilir,-Kejaksaan Negeri Ogan Ilir sosialisasi Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) dengan Bupati Ogan Ilir.

Bertempat diruang rapat Bupati Ogan Ilir dihadiri seluruh kepala SKPD dan OPD yang ada di Kabupaten Ogan Ilir, Senin (21/5).

Dalam kesempatan itu kejaksaan Negeri Ogan Ilir dibawah komando Kajari Ogan Ilir langsung, Adi Tyogunawan memaparkan secara detail apa itu TP4D.

Adapun tujuan TP4D salah satunya mengawal, mengamankan dan mendukung keberhasilan jalannya pemerintahan dan pembangunan melalui upaya pencegahan/preventif dan persuaaif.

Dapat memberikan pendampingan hukum dalam setiap tahapan pembangunan dari awal sampai akhir.

Melakukan kordinasi dengan aparat pengawasan intern dalam pemerintahan daerah untuk mencegah terjadinya penyimpangan yang berpotensi menghambat, mengagalkan dan merugikan keuangan Negara.

Bersama-sama melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pekerjaan dan program pembangunan.

Melaksanakan penegakan hukum refresif ketika ditemukan bukti permulaan yang cukup setelah dilakukan kordinasi dengan aparat pengawasan intern pemerintah daerah tentang telah terjadi perbuatan melawan hukum.

Dengan demikian jelas Adi Tyogunawan, penyimpangan terutama terkait penyalahgunaan Keuangan Negara bisa ditekan.

Adi Tyogunanawan pun menegaskan pihaknya siap menerima pihak mana saja yang ingin melakukan sharing maupun kordinasi terkait hukum.

Sehingga kesan Negatif yang selama ini tentang pertemuan maupun kedatangan Kejaksaan dan pejabat bisa dihapus.

Sementara itu, Bupati Ogan Ilir, H.M Ilyas Panji Alam sangat mendukung TP4D yang dilakukan Kejari Ogan Ilir.

Selanjutnya kedepan dirinya akan memerintahkan kepada seluruh SKPD maupun OPD yang ada kiranya menyambut baik tugas dan fungsi TP4D.

Karena menurutnya hukum adalah tanggungjawab bersama.

“Kenali Hukum dan jauhi hukuman”.

(93)