Babinsa Koramil Sosa Bertanam Padi Bersama Petani

Pewarta : Amsar Marbun

Koran SINAR PAGI, Sosa,- Tidak ada alasan bagi Babinsa Koramil 09/Sosa Kodim 0212/TS Serka EP.Hutasoit, untuk berleha – leha menghabiskan waktu percuma, sekalipun hari libur bersama dengan Serda Lumalo Harahap, dia tetap menjalankan tugasnya menjadi pendamping para petani.

Bersama Kelompok Tani “Rotama“ dia melakukan penanaman padi jenis Mekongga dilahan seluas 1 Ha yang berlokasi di Desa Pasir Jae Kecamatan Sosa, Kabupaten Palas dalam rangka pendampingan upsus untuk meningkatkan produksi padi dalam rangka mendukung program swasembada pangan, Sabtu (14/04).

Padi Mekongga adalah merupakan hasil persilangan antara padi jenis Galur A 2970 yang berasal dari Arkansas Amerika Serikat dengan varietas yang sangat populer di Indonesia yaitu IR 64.

Sebelumnya ada empat varietas unggul yang diujicobakan yaitu Cigeulis, Conde dan Cibogo termasuk didalamnya Mekongga, dan dari hasil produksi yang memperoleh angka paling tinggi yaitu varietas Mekongga yang bisa menghasilkan padi hingga 8,4 ton per hektar.

Serka EP.Hutasoit menjelaskan, selain sebagai tindak lanjut dari perintah pimpinan, pendampingan merupakan tanggung jawab personel Babinsa terhadap wilayah binaannya, dengan harapan dapat terjalin hubungan yang harmonis dengan masyarakat petani.

”Kegiatan penanaman padi jenis Mekongga dengan pemupukan yang sesuai, dilakukan agar tanaman padi sehat dan tumbuh subur sehingga hasil panen akan melimpah,” terangnya.

Dia berharap dengan pendampingan Babinsa segala upaya petani akan membuahkan hasil yang memuaskan, ucap Serka Hutasoit .

(16)