Proyek Drainase Dinas PU Kabupaten Berau Tahun Anggaran 2017, Diduga Tidak Sesuai Prosedur

Pewarta : Abd.Haris/Rina/Ika

Koran SINAR PAGI, Berau/Kaltim,-
Berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan terdapat beberapa titik proyek yang menyerap uang Negara hingga ratusan juta rupiah, namun bila dilihat dari fisik bangunannya yang ambiradul, menunjukan ketidaksesuaian dengan jumlah anggaran yang dikeluarkan.

Seperti yang terjadi di Desa Karang Mulyo Gang Ikhlas, menurut informasi dari sumber yang dapat dipercaya, proyek drainase yang dikerjakan didaerah tersebut tidak sesuai dengan yang tertuang dalam Dokumentasi Ajuan Pengusulan yakni Semenisasi plus Drainase, namun yang dikerjakan ternyata hanya Drainase saja.

Dokumentasi Ajuan Pengusulan Semenisasi plus Drainase

Ironisnya lagi, pekerjaan tersebut sebagian dipindahkan ke gang lain yang berlokasi tidak jauh dari titik lokasi yang seharusnya, padahal lokasi gang dimaksud belum pernah mengajukan permohonan proyek itu. Hal ini tentu mengundang reaksi keras dari kalangan masyarakat Gang Ikhlas dan sekitarnya.

Apalagi selain hasil pekerjaanya jauh dari kata maksimal karena walaupun masih dalam masa pemeliharaan, namun ternyata sudah ada beberpa titik pekerjaan yang retak – retak, dalam proses pengerjaannya, pekerjaan ini tidak memasang papan proyek, sehingga dinilai tidak transfaran.

Saat hal ini dikonfirmasi ke pihak Dinas PU melalui Dani, PPTK proyek tersebut, dirinya membantah telah terjadi pelanggaran pada pekerjaan proyek tersebut.

Menurutnya apa yang dilakukannya sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku, termasuk ada salah satu pekerjaan yang diusulkan dan sudah keluar SPK, namun proyek tersebut batal di kerjakan sesuai permintaan warga.

Kata dia itu hal yang wajar saja karena Ikut nomor kontrak, namun penjelasannya Dani itu dinilai tidak memuaskan oleh masyarakat.

“Hal ini pantas untuk dipertanyakan bagaimana pertanggung jawabannya,” ucap warga.

(61)