KPU OKI Mulai Lakukan Coklit

Pewarta : adi/fitry
Koran SINAR PAGI, OKI

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ogan Komering Ilir (OKI) mulai melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih yang ada di Kabupaten OKI, Sabtu (20/1/2018).

Proses ini sendiri akan dilakukan selama satu bulan ke depan, hingga 18 Februari 2018.

Proses coklit ini sendiri dimulai dari keluarga Bupati OKI H. Iskandar SE.

Menurut keterangan Ketua KPU Kab.OKI, Dedi Irawan, sesuai dengan instruksi dari KPU pusat, coklit ini perdana dilakukan kepada tokoh, selebritis, atau pejabat. Nah dalam hal ini Pak Iskandar sebagai tokoh dan pejabat jadi didahulukan.

Selain itu, kata dia, H. Iskandar SE juga merupakan salah satu kandidat yang akan ikut bersaing pada pilkada OKI, 27 Juni 2018 mendatang.

Dedi menegaskan, proses coklit ini dilakukan untuk mensinkronisasikan data base pemilih. Oleh karena itu, dalam hal ini pihaknya juga melibatkan pemerintah, dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) hingga pemerintah desa.

Selama proses coklit ini sendiri, menurut Dedi, yang perlu menjadi perhatian adalah pemilih yang di sisir. Dalam hal ini, lanjutnya, untuk pemilih yang sudah tidak ada atau meninggal, serta tidak sesuai dengan DP4 itu dicoret.

(2)