Kejaksaan Dan DPM Desa Kab.Bandung, Sosialisasi Dana Desa Dan TP4D

Pewarta: Dwi Arifin S.Pd
Koran Sinar Pagi (Bandung)-, Kegiatan sosialisasi dana desa dan TP4. Yang diselenggarakan Kejaksaan Negeri dan DPMDesa Kabupaten Bandung. Dihadiri narasumber kepala Kejari Bale Bandung, Kepala. DPM Desa Kabupaten Bandung, dengan peserta para Camat dan kepala desa. Acara dilaksakanakan di kantor Pemda Kabupaten Bandung, pada pukul 09:00-12:30 wib, 24 Agustus 2017.

Kepala DPM Desa Kabupaten Bandung, Hj.Eros Roswita M.Si, menjelaskan, “peran camat untuk pendampingan, pengawasan dan verifikasi APBDesa, sangat dominan menurut Undang-undang. Camat memiliki peran klarifikasi penyesuaian dokumen APBDesa sebelum disampaikan ke DPM Desa untuk mendapatkan rekomendasi proses pencairan dana, jelasanya dihadapan para peserta.

Hj.Eros Roswita, mengingatkan, “pembangunan dengan dana bantuan dari pemerintah, harus diketahui oleh RT/RW. Disampaikan melalui baliho disetiap titik pusat kegiatan warga. Dan jangan gunakan pihak ke 3 untuk membangun, harus swakelola dan sesuai aturan, agar tidak jadi masalah.

Untuk kemandirian desa, Bumdes dari tahun ke tahun harus semakin banyak yang aktif. Saat ini baru 70 Bumdes yang aktif. Kedepannya melalui Bumdes, desa harus mampu meningkatkan insentif, sehingga desa mampu menghidupi sendiri, menjadi desa mandiri.

Hj Eros Roswita M.Si, menghimbau agar pemerintah desa mempersiapkan proses pilkades, oktober 2017, yang akan diselenggarakan di 22 desa. Yang belum mengajukan, segera mengajukan dana untuk pilkades. Jangan sampai ada keterlambatan pengajuan.

Selanjutnya, Toto Sutanto, Kepala Kejaksaan Negeri Bale Bandung, menjelaskan, “Sosialisasi ini bertujuan penyadaran hukum bagi kepala desa. Dana bantuan yang masuk ke desa, menjadi perhatian khusus. Sering ditemukan masalah di pengadaan barang dan jasa. Ikuti aturan agar tidak bermasalah, jelasnya.

Toto, menghimbau, “jika ada yang mengatas namakan Kejaksaan. Dengan tujuan yang tidak jelas, meminta uang, segera laporkan. Karena oknum seperti ini akan mencoreng nama baik penegak hukum. Laporan bisa langsung ke ketua TP4D, Erwin melelui 0813 2210 1900

(47)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *