IKOPIN Dan OJK, Bahas Sektor Jasa Keuangan ke UMKM Dan Koperasi

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta: Dwi Arifin S.Pd
koran Sinar Pagi (Bandung)-, Perguruan tinggi IKOPIN bersama OJK menyelenggarakan seminar nasional Studium General. Dengan narasumber, rektor IKOPIN DR.Burhanudin dan Tirta Segara S.E M.BA (anggota komisioner OJK). Acara dihadiri mahasiswa magister menejmen, yang dilaksanakan di Aula Suhardani, Jl-Raya Bandung Sumedang KM 20, 5, Komplek Pendidikan Tinggi, Jatinangor, Jawa Barat.(26-08-2017)

DR.Trida Gunadi. M.Si, saat sambutnya, menjelaskan, “Seminar nasional ini, bertujuan mengetahui sesuatu yang tidak kita ketahui. Memahami stuktural ekonomi yang lebih baik. Hingga menemukan strategi peningkatan ekonomi UMKM dan koperasi dengan kesinambungan ke sektor jasa keuangan.

DR.Burhanudin Abdulloh, rektor IKOPIN, memamparkan, “Sektor jasa keuangan memiliki peran yang cukup strategis untuk pengembangan UMKM dan koperasi. Setelah 72 tahun merdeka. Struktural ekonomi Indonesia masih fokus di sektor primer. Sehingga pendapatan masyarakat masih berada di menengah ke bawah. Kedepannya Indonesi harus mampu menguatkan ekonomi di sektor sekunder, agar pendapatan ekonomi naik ke menengah atas.

Lebih lanjut, DR.Burhanudin, menyampaikan solusi pembangunan ekonomi nasional. Moral kerja di negara maju, diantaranya kerja keras. Mereka bekerja hingga larut malam. Sedangkan di Indonesia, hanya bekerja hingga sore hari. Mari perbaiki produktifitas, efesiensi dan ekpor. Dengan didukung kebijakan pemerintah, implentasi kebijakan dan semoga menjadi good luck / keberuntungan bangsa.

Selanjutnya narasumber dari anggota komisioner OJK, Tirta Segera S.E, M.BA, mengungkapkan, “peran sektor jasa kuangan di UMKM dan koperasi, telah sinergis, seperti adanya Kridit Usaha Rakyat (KUR). Banyak sektor jasa keuangan yang dapat memajukan UMKM dan koperasi. Diantaranya, perbankan, pasar modal, multi finance, modal ventura dan asuransi. Dengan total APBN 2100 Triliyun, pemerintah Indonesia memiliki beban utang 30%, yaitu 650 Triliyun. Maka dengan meningkatkan produktifitas UMKM dan koperasi, efesiensi dan ekpor. Indonesia akan mengalami perbaikan dan kemajuan ekonomi. Untuk tercapainya tujuan itu, OJK akan berperan aktif mendorong sektor jasa keuangan, UMKM dan koperasi bekerjasama“

Dengan adanya seminar nasional ini. Mahasiswa magister menejmen, kedepanya dapat berperan aktif mensejahterakan rakyat dengan majukan UMKM dan koperasi.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *