KADIS PERTANIAN TAPTENG DAN CAMAT SIBABANGUN BICARAKAN BIDANG PERTANIAN

IMG_20170509_161927Pewarta Amsar Marbun.

Koran Sinar Pagi ( Tapanuli Tengah) Kepala Dinas Pertanian, Kabupaten Tapanuli Tengah, Ir Dompak Simanjuntak dengan Camat Sibabangun Zulkifli Simatupang,SE menyempatkan waktu diselah acara Paskah Akumene Kabupaten Tapanuli Tengah yang berlangsung dilapangan olah raga Pandan Selasa (9/5-2017).

Pada saat acara Paskah Akumene ditempat terpisah, digedung olah raga Pandan, dua pejabat Tapteng Kepala Dinas Pertanian Ir. Dompak Simanjuntak bersama Camat Sibabangun Zulkifli Simatupang, SE bertemu yang terlihat berbincang sangat serius.

Wartawan Sinar Pagi, tertarik menghampiri dan menyapa kedua pejabat itu, untuk cari tau apa yang sedang dibahas mereka. Maaf Pak Kadis dan Pak Camat, boleh saya ikut bincang bincang ?.

Atas pertanyaan itu, Spontan Kepala Dinas Pertanian Ir Dompak Simanjuntak dan Camat Sibabangun Zulkifli Simatupang ,SE menyahuti, silahkan. Kami hanya bincang bincang biasa  aja, menyangkut bidang pertanian di Kecamatan Sibabangun, Ujar Dompak.

Pembicaraan itu disambung Camat Sibabangun Zulkifli Simatupang sembari mengatakan, di Kecamatan Sibabangun daerah pertanian yang diperkirakan 1500 hektare sawah milik penduduk.

Menrut nya, dari 1500 hektare itu, masih banyak lahan yang belum dikelola alias lahan tidur, bila irigasi ditingkatkan lahan ini bisa menjadi produktif dan kedepan Sibabangun menjadi lumbung beras. Ujar Camat.

Dalam pertemuan singkat yang tidak di jadwal,  kepala dinas pertanian memberi saran saran tentang pertanian, termasuk kelompok tani perlu ditata dan dibina kepengurusannya .Pola tanam serentak dua kali setahun ditingkatkan demikian juga lahan yang tidur akibat irigasi yang belum memadai supaya dikelola.

” Kita harus bisa mengelola lahan tidur untuk di tanami, seperti cabe, terong dan tanaman lainnya Sehingga petani pendapatannya bertambah,  tidak lagi dari hasil panen padi. Kata Camat menirukan saran kadis pertanian kepada Sinar Pagi.

 

(67)