KPU Kota Sukabumi Launching Rumah Pintar Pemilu

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Sony Syahrani
Koran SINAR PAGI, Kota Sukabumi

Terkait dengan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2018 mendatang, KPU Kota Sukabumi melaunching Rumah Pintar Pemilu (RPP), Jum’at (28/04), sekaligus diresmikan oleh Wali Kota Sukabumi H.M.Muraz, yang tampak dihadiri Wakil Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi serta sejumlah Anggota DPRD Kota Sukabumi.

RPP yang bebas di akses masyarakat luas ini berisikan beberapa ruangan, yaitu : 1. Ruang Simulasi, 2. Ruang Diskusi, 3. Ruang Audio Visual, dan 4. Ruang Display/Pameran.

Seperti yang di ungkapkan oleh Sri Utami, Komisioner KPU Kota Sukabumi Bidang Parmas dan SDM, “Ruangan ini juga berfungsi sebagai Museum perjalanan Pemilu di Indonesia. Tidak hanya itu, sejumlah aturan perundang-undangan juga tersedia dengan lengkap baik dalam bentuk buku maupun digital,” paparnya kepada Awak Koran Sinar Pagi, Rabu (03/05).

Lebih lanjut dijelaskannya,”RPP akan memberikan informasi tentang kegiatan-kegiatan Pemilu yang sudah dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan. Kemudian disini juga tersedia berbagai informasi dan ketentuan perundang-undangan yang berkaitan dengan Pemilu sampai kepada Tata Cara Pemilu, mulai dari Pemilukada sampai kepada Pilpres,” imbuhnya.

Diungkapkannya, RPP juga menyediakan tayangan perjalanan pelaksanaan Pemilu yang ada di Indonesia dan Kota Sukabumi khususnya,”Secara tidak langsung RPP juga mengedukasi setiap pengunjung yang datang, agar mengetahui tata cara atau aturan pemilu dari tahun ke tahun,” jelasnya.

“Siapa saja boleh datang, masyarakat umum, pelajar maupun mahasiswa. Berdirinya RPP ini sekaligus mencerdaskan pengunjungnya agar tidak kikuk ketika mengikuti tahapan Pemilu terutama kepada Pemilih Pemula,” lanjut Tami.

Ia berharap dengan adanya RPP ini partisipasi masyarakat dalam memberikan hak politiknya dapat meningkat, “Masyarakat nantinya jadi lebih faham tentang aturan-aturan Pemilu, selain itu RPP bertujuan untuk meminimalisir gesekan-gesekan akibat ketidakfahaman masyarakat akan aturan Pemilu. Semua aturannya bisa dilihat dan dipelajari disini,” jelasnya.

Harapannya semua permasalahan dalam perhelatan pemilu dan pilkada akibat ketidakfahaman mengenai aturan dapat terminimalisir, pasalnya permasalahan di pilkada berpotensi menimbulkan konflik jika tidak dicermati dan dicegah dengan baik. Dampaknya bisa berimbas kepada ekonomi, pendidikan, sosial dan budaya,” tegasnya.

Kedepan sambung Tami, KPU akan terus melengkapi RPP dengan sarana yang lebih lengkap. Selain pendidikan politik, KPU juga berupaya untuk menanamkan pendidikan karakter Pemilih dalam Pemilu, karena menjelang pemilu biasanya suhu dan kondisi politik meningkat, pungkasnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *