Warga Desa Karyamukti Bangun Jalan Tembus ke Kampung Cigorowong

Pewarta : Agus Lukman
Koran SINAR PAGI, Garut

Warga Desa Karyamukti Kecamatan Cibatu kini boleh berlega hati, pasalnya jalan tembus hingga kampung Cigorowong tengah dibangun, hal itu dilakukan untuk memperlancar tranfortasi warga dalam melakukan aktifitasnya mengangkut hasil pertanian karena mayoritas mata pencaharian warga adalah petani.

“Mayoritas warga Kampung Cigorowong adalah petani selama ini jika mau mengangkut hasil panen masih diangkut dengan cara dipikul, sehingga proses peningkatan pertanian lambat,” kata Kepala Desa Karyamukti Widya Heru Kartika, SE.

Ia mengatakan, pembangunan jalan tembus dari jalan makam koang kampung Karoya Lebak hingga kampung Cigorowong sepanjang 2,5 Km dengan lebar 3 meter, yang dilakukan masyarakat secara swadaya, baru terealisasi sepanjang 300 meter,”Saya dan warga  membuka jalan baru (jalan tembus), targetnya hingga kampung Cigorowong sepanjang 2,5 Km,” ucap Heru pada Koran Sinar Pagi,Selasa (14/02) diruang kerjanya.

Menurutnya, untuk mencapai sasaran pembangunan jalan tembus tersebut pihaknya masih terkendala keharusan pembebesan lahan, yang panjangnya mencapai 2,3 KM lagi,”Kecuali warga dengan sukarela memberikan lahannya yang terkena pembangunan jalan tembus tersebut, karena ini kan untuk kepentingan umum,” ujarnya.

Diungkapkan Heru, berlarut – larutnya proses pembangunan jalan tembus ini karena pihaknys tidak menggunakan anggaran dari pemerintah, “Alhamdulillah, sebagian besar warga yang lahannya terkena proyek pembangunan jalan tembus sudah memberikannya secara sukarela, kini tinggal membereskan bagian lainnya,” papar Kades Karyamukti.

Dirinya menegaskan dibangunnya jalan tembus tersebut diyakini bisa meningkatkan perekonomian warga,”Dengan dibangunnya jalan tembus ini akan memperlancar tranfortasi hasil panen, selain itu bisa meningkatkan harga tanah dan jarak antar desa jadi lebih pendek, sehingga bisa dicapai dengan lebih cepat,” tandasnya.

Heru menegaskan, proyek pembangunan jalan tembus tersebut akan menjadi skala perioritas untuk masuk dalam Musrenbang, bahkan lanjutnya, Petugas Unit Pelayanan Teknis Pertanian Kecamatan Cibatu pin sudah melihat lokasi jalan tembus yang akan dibangun tersebut,”UPT Pertanian Cibatu mensurvey jalan tersebut, karena diwilayah Cigorowong warganya merupakan daerah pertanian, Kampung Cigorowong memiliki lahan pesawahan paling luad di  wilayah Desa Karyamukti,” imbuhnya.

Menurut Heru, pembangunan rabat jalan tembus yang 300 meter itu dibiayai dari anggaran  IP Provinsi Jawa Barat tahun 2016 sebesar Rp.50 juta rupiah.

(74)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *